Sukses

Parenting

Mom, Penting Memahami Tahapan Tumbuh Kembang Buah Hati

Bagi setiap orang tua, sangat penting memahami bagaimana pertumbuhan dan perkembangan buah hati yang masih bayi. Sadar atau tidak, pertumbuhan dan perkembangan bayi sangatlah cepat. Dari bayi yang masih ada di dalam kandungan, lahir ke dunia, dari bayi belum bisa apa-apa hingga telah tumbuh dan berkembang menjadi seorang anak kecil yang menggemaskan, semua itu terjadi tidak lebih dari 2 tahun.

Saat bayi telah berusia 9 sampai 12 bulan, ia telah menjelma menjadi sosok anak yang begitu menggemaskan, mengesankan dan pastinya bikin setiap orang tua selalu ada di dekatnya. Sejak kelahirannya, dari hari ke hari, minggu ke minggu juga bulan ke bulan, buah hati yang masih bayi terus menunjukkan perkembangannya yang signifikan.

Tumbuh Kembang Bayi Usia 1 - 6 Bulan

Perlu Mom tahu, bayi yang masih berusia 1 sampai 3 bulan, ia akan lebih sering menghabiskan waktunya untuk tidur. Tapi jangan salah, di usia bayi sudah menginjak 2 hingga 3 bulan, ia akan mulai merespon sentuhan, kontak mata dan interaksi dari orang tuanya atau orang-orang di sekitarnya.

Saat bayi berusia 4 hingga 6 bulan, di sini mereka mulai menggerakkan tubuhnya secara lebih aktif. Bayi-bayi ini juga telah mulai tertawa, menjerit bahkan berceloteh dengan intonasi yang cukup keras. Mereka juga akan mengenali siapa saja orang-orang yang selalu ada di dekatnya dan merespon kehadirannya dengan baik.

Tumbuh Kembang Bayi Usia 7 - 12 Bulan

Menginjak usia 7 bulan, Mom sudah bisa memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) buat bayi. Di usianya yang ke 7 sampai 9 bulan, biasanya bayi akan lebih cepat tumbuh. Berat badannya bisa mencapai tiga kali lipat dari saat ia lahir. Menariknya lagi, di usia 10 bulan, bayi akan mulai belajar berdiri. Cengkeraman tangannya bahkan akan terasa lebih kuat.

Sementara itu, saat bayi telah berusia 11 hingga 12 bulan, mereka mulai bisa mengeja kata-kata yang mudah diucapkan seperti mama, papa, maem(makan dalam Bahasa Jawa), dada dan sejenisnya. Idealnya, di usia mencapai 12 bulan ini bayi sudah mulai bisa berjalan. Tidak jarang, mereka akan menjelajah berbagai tempat dengan berpegang pada perabot atau tembok rumah.

Ketika buah hati tidak mengalami tahapan tumbuh kembang seperti bayi-bayi pada umumnya, sangat penting bagi setiap orang tua untuk mengonsultasikan kondisi ini ke bidan atau dokter anak.  Cari tahu apa yang terjadi pada buah hati dan lakukan intervensi dini yang terbaik. Dikutip dari laman parents.com,mengetahui ketepatan waktu bergerak maju (berubah dan tumbuh) dalam fase perkembangan bayi begitu penting untuk diketahui.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai fase tahapan tumbuh kembang bayi, jangan lewatkan galeri fotonya di bawah ini

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading