Sukses

Lifestyle

Yay or Nay? Perhiasan Unik Ini Terbuat dari Gigi Manusia

Buat kamu yang menyukai perhiasan unik, koleksi yang satu ini mungkin akan menarik perhatianmu. Atau malah mungkin kamu akan tertarik untuk memilikinya. Perhiasan apakah itu?

Kalau biasanya perhiasan terbuat dari logam mulia, perhiasan ini terbuat dari bahan yang tak biasa, yaitu gigi manusia. Yaps, kamu nggak salah baca, koleksi perhiasan unik yang satu ini terbuat dari gigi. Seperti yang dilansir oleh odditycentral.com,adalah Lucie Majerus yang terinspirasi untuk membuat koleksi perhiasan terbuat dari gigi manusia. Ide ini pertama kali muncul saat gigi geraham bungsunya dicabut.

Gigi geraham bungsu yang dicabut itu pun disimpan oleh Lucie. Tak lama kemudian, ia dapat inspirasi untuk membuat koleksi perhiasan unik yang terbuat dari gigi. Kalau selama ini bahan perhiasan diambil dari spesies lain atau sumber daya lain, nggak ada salahnya untuk bikin perhiasan dari bahan yang sudah kita punya sendiri, itulah pendapat Lucie.

Foto: copyright odditycentral.com

Lucie mengubah gigi geraham bungsu itu jadi cincin. Tapi untuk membuat koleksi perhiasan yang lengkap, pastinya butuh bahan baku yang lebih banyak lagi. Akhirnya, Lucie meminta bantuan dokter gigi untuk menyimpan gigi para pasien yang sudah dicabut. Banyak orang yang memilih untuk tak menyimpan gigi yang sudah dicabut dan mendonasikannya ke sekolah kedokteran.

Lucie pun menerima sumbangan gigi dari gurunya di Design Academy Eindhoven. Ia pun mendapat cukup bahan baku untuk koleksi perhiasannya.

Tapi kira-kira bagaimana ya cara Lucie mengubah gigi itu jadi perhiasan? Ternyata hal pertama yang dilakukan adalah memutihkannya (bleaching) terlebih dahulu. Setelah itu ia menggunakan sebuah mesin untuk membentuk gigi tersebut jadi berbagai ukuran. Gigi geraham yang cukup tebal bisa dibentuk jadi mutiara. Sementara gigi taring dan gigi seri dibentuk jadi runcing. Dengan begitu, hasil akhirnya akan sama sekali berbeda dengan bentuk gigi aslinya.

Foto: copyright odditycentral.com

Koleksi ini pun dipamerkan di Dutch Design Week dan reaksi orang-orang yang melihatnya sangat positif. "Tak disangka, sebagian besar orang tak merasa jijik dengan perhiasan ini, justru suka dengan konsepnya," ujar Lucie. Malah ada sebagian orang yang menyesal tidak menyimpan gigi yang dicabut dokter gigi. Kan lumayan kalau gigi itu bisa diubah jadi perhiasan unik.

Setelah kesuksesannya itu, desainer kelahiran Luxembourg ini makin mengembangkan kreativitasnya. Tak hanya perhiasan, Lucie juga membuat ragam aksesoris dari gigi seperti cufflinksdan penjepit dasi.

Ladies, kalau kamu sendiri tertarik nggak punya perhiasan yang terbuat dari gigi manusia ini? Mungkin ingin mengoleksinya?

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading