Sukses

Lifestyle

10 Malam Terakhir Ramadan, Jemput Keutamaannya dengan Tips Ini

Ladies, bagaimana ibadah puasanya hingga hari ini? Masih lancar kan? Saat sudah sampai pertengahan bulan Ramadan, biasanya menjalani ibadah puasa sudah tak terasa berat lagi. Hanya saja kadang ibadah kita jadi makin kendur saat mendekati lebaran.

Padahal di 10 malam terakhir bulan Ramadan, lailatul qadar atau malam seribu bulan di dalamnya. Sungguh sayang jika justru ibadah kita malah asal-asalan di saat kita berkesempatan memperoleh sebuah keutamaan besar. Oleh karena itu, yuk kita sama-sama jemput keutamaannya dengan rangkuman tips-tips yang dipaparkan oleh Syaikh Tawfique Chowdhury, CEO Mercy Mission, dan diterjemahkan Ustadz Hilman Rosyad Lc seperti yang dilansir oleh arrahmah.com berikut ini.


1. Kembali perbaiki niat, mulailah dengan niat yang bersih dan tulus beribadah pada-Nya.
2. Baca kembali tafsir surat Al-Qadr, pahami kembali apa itu keutamaan lailatul qadr.
3. Isi 10 malam terakhir dengan ibadah sebaik-baiknya.
4. Ikuti tuntunan Rasulullah, “Barangsiapa yang berjaga (tidak tidur) dan berdoa pada malam lailatul qadr dengan iman dan pengharapan akan ganjarannya, dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.”
5. Hafalkan juga doa malam lailatul qadr seperti yang diajarkan oleh Rasulullaah SAW ini, "Allaahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’ fu’anni (Yaa Allah, Engkau Maha Pengampun dan menyukai pengampunan, maka ampunilah aku)."
6. Siapkan daftar pendek doa-doa untuk dipanjatkan. Malam Qadar merupakan malam ditetapkannya takdir! Pilihlah doa-doa terbaik untuk agamamu, dunia akhiratmu, juga keluargamu. Jangan lupakan saudara-saudaramu Muslimin yang tengah kesusahan di sudut belahan dunia yang lain.
7. Cukupi juga kebutuhan istirahat tubuhmu. Jagalah perutmu supaya tak terlalu kenyang dan tidurlah segera setelah isya' dan tarawih sekadar untuk menyegarkan diri. Setelah itu, bangunlah untuk beribadah.
8. Ajak keluarga juga untuk ikut beribadah.
9. Cara kita berpakaian dan mempersiapkan diri bisa berpengaruh secara psikologis. Pakailah pakaian yang baik dan wewangian (khusus di rumah untuk wanita) saat beribadah.
10. Kondisikan tempat khusus yang kondusif untuk beribadah, bisa di rumah atau di masjid.
11. Kendalikan diri untuk tak pamer soal ibadah, baik memamerkannya di media sosial atau yang sejenisnya.
12. Kalau mengantuk, bisa variasikan bentuk ibadah antara membaca Al-Quran, shalat, dan bermunajat.
13. Kuatkan diri dengan banyak-banyak bersabar. Di antara padatnya kesibukan dan godaan, kita harus bisa membagi semua prioritasnya dengan baik.


Tips yang terakhir adalah kita perlu selalu husnudzhon (berbaik sangka) kepada Allah SWT. Ketika bermunajat, ingatlah bahwa kita sedang meminta pada Raja Yang Maha Pemurah. Kalau kita berharap yang terbaik, Dia pasti akan memberi yang terbaik. Tak perlu ragu. Yakin saja dan tumpahkan seluruh isi hati kita di hadapan-Nya. Jangan biarkan keragu-raguan dan prasangka buruk menjauhkan kita dari Yang Maha Pemurah Lagi Maha Penyayang.

Jadi, sudah siap untuk meningkatkan ibadah di hari-hari terakhir bulan Ramadan ini? Semoga semua ibadah kita di bulan yang suci ini bisa memberi keberkahan bagi kita semua, ya Ladies.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading