Sukses

Lifestyle

13 Oktober Hari Tanpa Bra (No Bra Day), Sudah Ikut Berpartisipasi?

Ladies, tahu nggak tanggal 13 Oktober itu diperingati sebagai hari apa? 13 Oktober ini merupakan National Bra Day atau hari tanpa bra. Sesuai namanya, jadi pada tanggal 13 Oktober, para wanita diharapkan melepas bra dan tak mengenakannya seharian.

Tapi sebenarnya untuk apa sih ada hari tanpa bra segala? Dikutip dari nationaldaycalendar.com, hari tanpa bra ini diadakan untuk meningkatkan kesadaran akan kanker payudara dan membantu upaya pengumpulan dana untuk penelitian. Bulan Oktober sendiri dikenal sebagai bulan peduli kanker payudara. Dan hari tanpa bra dijadikan semacam pengingat untuk para wanita agar lebih peduli dan waspada lagi dengan penyakit kanker payudara yang mengintai.

Tadinya hari tanpa bra diperingati setiap tanggal 9 Juli. Tapi sejak tahun 2011, hari tanpa bra diperingati setiap tanggal 13 Oktober. Dikutip dari laman merdeka.com, gerakan lepas bra seharian penuh ini dirintis oleh sejumlah aktivitas peduli kanker payudara yang kemudian makin marak di jejaring sosial.

Peringatan hari tanpa bra ini, dilansir dari laman huffingtonpost.com, diawali oleh pengguna internet anonim "Anastasia Doughnuts". Masih ada perdebatan tentang baik buruknya penggunaan bra serta pengaruhnya dengan risiko terkena kanker payudara. Ada yang berpendapat bra bisa meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Tapi ada juga yang berpendapat kalau bra tak memberi dampak buruk bagi kesehatan kalau ukurannya tepat dan nyaman dipakai.

Hari tanpa bra sendiri diyakini sebagai hari untuk memberi semangat atau penghormatan kepada para penderita kanker yang harus menjalani prosedur pengangkatan payudara. Di sisi lain, ada pihak-pihak yang memaknai hari tanpa bra dengan definisinya sendiri, seperti ramai-ramai melakukan aksi pelepasan bra di depan umum.

Tapi untuk memberi dukungan atau menunjukkan kepedulian akan bahaya kanker payudara, kita tak harus langsung ikut ramai-ramai melepas payudara di depan umum. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, misal lebih menjaga pola hidup dan gaya hidup sehat dan langsung memberi dukungan moral kepada para penderita kanker payudara.

Ladies, bagaimana menurutmu? Apakah kampanye hari tanpa bra ini penting? Sudahkah kamu ikut berpartisipasi di dalamnya untuk menunjukkan kepedulian akan bahaya kanker payudara yang mengintai para wanita?

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading