Sukses

Lifestyle

Benarkah Crop Circle Adalah Pola Ladang Yang Dibuat Alien dan UFO?

Jika Anda suka dunia aneh seperti alien atau UFO, istilah crop circle pasti sudah tidak asing lagi. Namun bila Anda masih bingung apa itu crop circle, akan kami jelaskan sedikit dalam artikel singkat ini.

Benarkah crop circle buatan alien atau UFO?

Kemunculan crop circle diduga sudah lama terjadi, hanya saja, baru menyebar bersamaan dengan berkembangnya teknologi fotografi dan pesawat terbang. Dari data yang dikumpulkan dari wikipedia.org, crop circle yang pertama dilaporkan adalah di tahun 1686. Banyak spekulasi berkembang, ada yang mengatakan bahwa pola crop circle yang rumit tidak mungkin dikerjakan manusia dalam waktu cepat.

Kuatnya anggapan bahwa crop circle adalah buatan makhluk selain manusia adalah karena tidak ditemukannya jejak kaki atau bekas alat berat di sekitar crop circle yang sudah jadi. Batang gandum atau padi yang rebah untuk menghasilkan pola crop circle juga tidak patah dan hanya memuai, pemuaian ini masih menjadi misteri di kalangan ilmuwan.

Foto: copyright endtimessigns

Selain itu, para ilmuwan yang sering memeriksa ladang gandum yang memiliki pola crop circle menemukan adanya gelombang elektromagnetik tertentu, yang tidak ada sebelum crop circle terbentuk. Makin banyaklah yang menghubungkan antara crop circle dan UFO. Pola tersebut dianggap sebagai bentuk komunikasi dengan manusia. Walau begitu, ada juga sekelompok orang yang mengaku sengaja membuat crop circle karena iseng. Namun biasanya, hasilnya tidak rapi, batang gandum patah dan harus memakai alat khusus.

Crop circle juga ada di Indonesia

Crop circle di Sleman | Foto: copyright huffingtonpost.com

Jika Anda masih ingat, pada tahun 2011, muncul pola crop circle di atas area sawah di Sleman, Yogyakarta. Berita ini sangat mengejutkan dan tersebar di seluruh dunia. Banyak ilmuwan datang ke Sleman dan melakukan penelitian. Mereka menemukan bahwa batang padi di crop circle Sleman tidak patah dan meyakini ini bukan buatan manusia. Pekerja di sana juga mengatakan pola itu tidak ada dan sudah jadi hanya semalam.

Percaya tidak percaya, kembali pada Anda.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading