Sukses

Lifestyle

10 Fakta Tentang Indonesia Yang Bikin Bangga

Indonesia, hal apa yang paling Anda banggakan dari negara Anda ini?

Memang sih tak sedikit kasus yang pernah terjadi di Indonesia, yang bahkan hingga sekarang masih terjadi. Banyak hal yang bikin Anda kecewa, banyak hal yang bikin Anda bersedih. Tetapi namanya tanah kelahiran, tetaplah selalu menjadi tempat yang tak pernah bisa terlupakan.

Apalagi fakta-fakta ini menunjukkan bahwa Indonesia memang tempat yang indah. Indonesia memang tempat yang membanggakan.

(vem/bee)

Fakta 1 Indonesia

Manusia purba tertua di dunia, Pithecanthropus Erectus, yang diperkirakan berasal dari 1,8 juta tahun yang lalu ditemukan di Indonesia.

Lokasinya ada di Sangiran, yang saat ini dilestarikan dan dijadikan salah satu situs penting di Indonesia.

Fakta 2 Indonesia

Indonesia adalah salah satu penyuplai gas alam cair terbesar di dunia. Sekitar 20% gas alam cair dihasilkan di sini. Selain itu, ada juga kayu lapis dari Indonesia juga cengkeh serta pala yang kemudian diekspor ke seluruh dunia.

Fakta 3 Indonesia

Karena merupakan negara maritim, maka Indonesia dikelilingi terumbu karang indah. Ada sekitar 18% terumbu karang dari total terumbu karang di seluruh dunia yang ditemukan di Indonesia.

Fakta 4 Indonesia

Indonesia adalah lautan yang kaya akan spesies hiu. Ada sekitar 150 spesies hiu yang ditemukan, di antaranya Atelomyceterus sp 1, Pseudotriskis microdon, Centriphorus sp Lusitanicus, Orectolobus sp.1, Rhinobatos sp.2, Cephaloscyllium sp.1 dan lain sebagainya.

Fakta 5 Indonesia

Indonesia punya keanekaragaman flora dan fauna. Salah satu flora yang dibanggakan dari Indonesia adalah anggrek. Ada sekitar 6 ribu jenis anggrek, mulai anggrek jenis besar hingga yang terkecil yang dihasilkan di Indonesia.

Ada pula anggrek hitam yang langka, dan hanya terdapat di Papua.

Fakta 6 Indonesia

Indonesia punya hutan bakau terbesar di dunia. Manfaat hutan bakau adalah menahan erosi air laut agar tidak sampai merusak daratan. Tak jarang pula hutan bakau ini menjadi tempat tumbuh kembangnya ikan dan makhluk hidup yang tinggal di air. Selain itu, hutan bakau juga keren lho untuk sesi foto. 

Fakta 7 Indonesia

Indonesia punya satu-satunya binatang purba, yang sampai sekarang masih hidup. Komodo, adalah spesies hewan purba yang masih hidup dan hingga saat ini tinggal di pulau Komodo, NTT.

Fakta 8 Indonesia

Puluhan tahun lalu, ditemukan bunga yang terbesar di dunia. Bunga ini termasuk dalam jenis bunga bangkai karena mengeluarkan aroma tak sedap. Nama bunga ini adalah Rafflesia Arnoldii, yang terinspirasi dari nama penemunya.

Diameter bunga ini bahkan mencapai satu meter saat mengembang.

Fakta 9 Indonesia

Primata terkecil di dunia juga tinggal di Indonesia lho. Namanya adalah Tarsier Pygmy atau dikenal juga dengan nama Mountain Tarsier. Ukurannya hanya sebesar 10 cm. Dan penampakannya mirip dengan monyet.

Tarsier Pygmy ini tinggal di daerah Sulawesi dan merupakan hewan yang dilindungi.

Fakta 10 Indonesia

Indonesia punya jenis ular terbesar di dunia yang diberi nama Python Reticulates. Ukurannya bisa mencapai 10 meter dan seringkali ditemukan di Sulawesi. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading