Sukses

Lifestyle

Punya Sikat Gigi Yang Tak Terpakai? Jangan Dibuang

Sikat gigi sebaiknya jangan digunakan lebih dari tiga bulan. Setidaknya 3-4 bulan sekali memang harus diganti.

Dikatakan oleh para ilmuwan, seperti dikutip dari Telegraph bahwa mengganti sikat gigi akan membantu membersihkan rongga mulut dari bakteri dan makanan hingga 95%. Namun, bila ia tak selalu diganti, bulunya akan lekas rusak sehingga membersihkan rongga mulut jadi kurang maksimal. Alhasil, Anda akan seringkali mengalami sakit gigi, flu, infeksi mulut atau sakit tenggorokan.

Namun, kebiasaan buruk masyarakat adalah memakai sikat gigi sampai bulu-bulunya rusak. Katanya sayang kalau hanya dipakai 3-4 bulan sekali saja, apalagi kalau bulunya masih kelihatan bagus.

Sebenarnya, tak perlu harus membuang sikat gigi lama Anda kalau memang sayang. Tetapi jangan dipakai untuk menyikat gigi lagi. Gantikan sikat gigi lama dengan yang baru setiap 3-4 bulan sekali dan mari pakai sikat gigi lama untuk beberapa hal berikut ini:

Membersihkan lantai

Lantai di kamar mandi atau di tembok kambar mandi bisa dibersihkan dengan menggunakan sikat gigi. Apalagi untuk menjangkau sudut-sudut dan bagian yang sulit terjangkau sikat kamar mandi.

Membersihkan bak pencuci piring

Agar selalu bersih dan tidak meninggalkan aroma tak sedap, sehabis mencuci piring baiknya membersihkan bak cucian dengan sikat dan sabun. Gunakan sikat gigi untuk menjangkau setiap sudut serta lubang-lubang kecil di area pipa.

Membersihkan rongga pintu slide

Pintu geser/pintu slide biasanya memiliki rongga di bagian rel bawah. Sulit sekali membersihkannya dengan sapu. Satu-satunya yang bisa membersihkan dengan maksimal adalah menggunakan sikat gigi.

Membersihkan keyboard

Tak harus dengan kuas khusus kok, lebih baik membersihkan keyboard menggunakan sikat gigi sehingga noda dan debu kotoran tidak menempel di sana. Selain itu, sikat gigi juga bisa menjangkau area-area sempit dan tersembunyi.

Membersihkan noda di karpet

Terkadang tak harus mencuci seluruh bagian karpet bila ada noda kecil di satu bagian saja. Anda bisa menggunakan tepung kanji, air dan sabun untuk membersihkan bagian yang bernoda dengan menggunakan sikat gigi.

Mencuci perhiasan perak

Perhiasan perak Anda sudah terlihat kusam? Aplikasikan tepung kanji kemudian gosok perhiasan dengan menggunakan sikat gigi. Bilas dengan air dan perhiasan Anda akan jauh lebih bersih serta berkilau seperti baru.

Membersihkan kotoran di dalam kuku

Gunakan sabun dan sikat gigi untuk membersihkan kotoran yang terselip di dalam kuku. Cara ini jauh lebih mudah serta aman sehingga membuat sela kuku bersih serta tidak sakit.

Membersihkan alat masak

Beberapa alat masak seperti serutan bawang, serutan keju, saringan teh dan lain sebagainya, memiliki lubang yang kecil dan sering membuat bahan-bahan makanan tersangkut di sana. Membersihkannya, Anda bisa menggunakan sikat gigi sehingga bahan-bahan tidak lagi tersangkut.

Tuh kan, apa saja bisa dimanfaatkan kalau Anda lebih kreatif dan sadar akan hal-hal berharga di sekitar Anda. Mulai sekarang, jangan langsung dibuang kalau mengganti sikat gigi. Mari memanfaatkan barang-barang lama menjadi barang yang baru.

 (vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading