Sukses

Parenting

Kisah Nyata di Balik Foto Anakku Yang 'Dicuri' di Facebook

Dalam menggunakan internet, kita tak bisa sembarangan menggunakan informasi pribadi orang lain tanpa ijin. Hal ini berlaku di mana pun. Namun seringkali hal ini dilanggar dan merugikan bagi orang yang bersangkutan.

Hal inilah yang dialami oleh Sean Murphy tatkala melihat foto anaknya terpampang di sebuah page Facebook bernama Starteen. Foto sang anak, Serafina Murphy, memang diunggah olehnya beberapa bulan sebelumnya di Facebook. Berupa foto anaknya yang masih berusia hampir 2 tahun dan baru saja selesai menjalani operasi jantung. Pada akhirnya, sang anak berhasil tertolong berkat pertolongan Rumah Sakit Ann & Robert H. Lurie

Foto si cantik, Serafina Murphy yang disalahgunakan(c)Facebook/Sean Murphy
Foto itu ia gunakan secara pribadi, namun tanpa ijinnya, pihak pengelola page Starteens menggunakannya untuk mempopulerkan halaman mereka. Hal itu dilakukan tanpa sepengetahuan Sean. Page Facebook ini memang sering memposting foto anak-anak penderita kanker dan sebagainya untuk meraih likes dan pengikut.

Page Starteens sendiri kurang jelas visi dan misinya. Mereka sering mempublikasi foto yang menyentuh, namun juga pernah menyuguhkan foto yang berbau SARA.

Page Starteens yang menggunakan foto tanpa ijin (c) dailymail.co.uk

Bagaimanapun, menggunakan foto tanpa ijin tentunya bisa menjadi bentuk eksploitasi. Apalagi dengan menggunakan foto pribadi tentang apa yang dialami orang lain. Terkesan seakan menggunakan penderitaan orang lain untuk kepentingan popularitas dan pribadi. Hal ini tidaklah terpuji dan mirip seperti menduplikasi hasil karya orang lain.

Beruntungnya, Sean mampu mengatasinya dengan cara yang lebih bijak. Ia berkomentar di halaman Facebook Starteen dan menjelaskan bagaimana cerita sebenarnya. Ia mengaku bahwa dirinya adalah ayah dari anak di dalam gambar itu. Ia juga menyarankan pada mereka yang mau memberikan jempolnya untuk foto anaknya, bahwa yang seharusnya mereka dukung adalah rumah sakit yang menyelamatkan anaknya tersebut.

Komentar Sean untuk menggalang dana mendapatkan apresiasi yang lebih baik di foto tersebut (c)dailymail.co.uk

Komentar yang diberikan oleh Sean mendapat antusias yang sangat besar. 7 ribu orang memberikan dukungan padanya dan acara amal yang ia buat untuk menyelamatkan rumah sakit tersebut. Melihat foto Serafina yang menggunakan sandal Hello Kitty, pihak Sanrio yang melihat foto tersebut bahkan memberikan satu paket Hello Kitty lengkap dengan boneka untuk Serafina dan sang adik.

(c) dailymail.co.uk

Sean mengaku bahwa dirinya tak menggubris penggunaan foto anaknya yang kurang respek pada hak pribadinya. Namun ia yakin setidaknya foto tersebut bisa menjadi simbol tentang anak-anak yang senasib dengannya. Menebar kebaikan memang tak ada salahnya, namun lebih baik juga kalau dilakukan dengan langkah yang baik. Salah satunya adalah dengan ijin pada pihak yang terkait.

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading