Sukses

Lifestyle

Tempe, Lauk 'Wajib' Keluarga di Indonesia Yang Mulai Langka

Indonesia kaya dengan kreasi kulinernya. Satu bahan baku bisa diolah menjadi aneka kreasi makanan atau minuman yang menggugah selera. Kita patut bangga karena banyak makanan khas yang berasal dari Indonesia dan hampir tidak bisa ditemukan di negara lain lho! Salah satunya adalah tempe.

Tempe terbuat dari kedelai yang merupakan salah satu tanaman yang tumbuh di Indonesia. Tempe bisa dikreasikan menjadi aneka masakan, bahkan Tempe bisa dibilang sebagai 'lauk wajib' pada setiap menu makanan di Indonesia. Tempe goreng, tumis tempe, sayur tempe dan berbagai kreasi tempe lainnya membuat tempe menjadi lauk favorit dan kehadirannya di meja makan.

Tempe disukai karena harganya yang terjangkau, rasanya yang enak dan mudah didapatkan. Namun kini tidak lagi. Tempe mulai susah dijumpai di pasar-pasar tradisional, bahkan diprediksi menghilang dari pasaran. Tempe hanya akan menjadi sejarah, dan kenikmatannya hanya akan menjadi cerita turun temurun saja.

Apa penyebab tempe menjadi langka di pasaran? Rupanya selama ini, tempe tidak lagi dibuat dengan kedelai lokal ladies. Tempe yang kita konsumsi sehari-hari ternyata terbuat dari kedelai impor yang kini harganya naik seiring kenaikan kurs Dollar Amerika.

Harga kedelai yang terus meroket dan harga tempe yang tidak mungkin naik drastis membuat para produsen tempe memilih untuk berhenti membuat tempe. Mereka beranggapan bahwa harga tempe tidak mungkin dinaikkan dengan drastis karena citra tempe selama ini adalah 'makanan rakyat dan merakyat'. Para pembuat tempe mengeluh bahwa pemerintah tidak bisa lagi mengendalikan harga kedelai impor.

Ibu-ibu dan para pedagang makanan datang ke pasar dan pulang dengan hampa. Lauk yang mereka cari untuk hidangan keluarga, tidak lagi bisa ditemui dan dibeli. Mungkin tadi pagi Anda juga merasakan tidak lagi menemui tempe di penjual langganan Anda atau buah hati Anda bertanya kenapa kini tidak ada lagi tempe terhidang sebagai lauk makan mereka.

Hingga hari ini, Pemerintah masih mencoba menstabilkan harga kedelai impor agar tempe masih bisa terus diproduksi dan Indonesia tidak kehilangan salah satu makanan khas dan kebanggaannya. Bagaimana menurut Anda ladies? Haruskah tempe 'punah' dari pasaran karena harga kedelai yang naik gila-gilaan?

BACA JUGA

Dianggap Lalai Jaga Dul, Ahmad Dhani Dituntut 5 Tahun Penjara!

Kontestan Miss World Terpesona Dengan Keindahan Tanah Lot

Bangganya, Indonesia Mendunia Lewat Miss World 2013

Finalis Miss World Ternyata Juga Belajar Tari Kipas

Video Unik : Apa Maksud Mantan Tunangan Zaskia ?

Ngeri! Saat Bunuh Diri Tak Sengaja Terekam Kamera

(vem/sya)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading