Sukses

Lifestyle

5 Fotografer Wanita Dunia Dengan Karya Kontroversial

Kalau berbicara tentang dunia fotografi kita kan langsung berpikir tentang pria yang membawa kamera kemanapun. Sedangkan kita sebagai wanita lebih sering menjadi model untuk sesi pemotretan

Tapi ternyata ada loh para fotografer wanita yang karyanya malah mendunia. Beberapa hasil jepretannya juga ada yang menuai kontroversi. Tapi juga tidak sedikit yang mendapat pujian atas keunikan dan pesan yang dibawakan para fotografer wanita dunia ini.

Siapa saja mereka? Cek sini ladies untuk profil dan karya dari lima fotografer terkenal dunia ini.

(vem/eve)

Annie Leibovitz

Wanita berusia 62 tahun ini mungkin adalah nama fotografer wanita yang cukup familiar Anda dengar karena proyek fotonya bersama Disney tahun ini. Tapi ternyata karya-karya terdahulu wanita inilah yang membuatnya menjadi salah satu fotografer wanita kontroversional.

Masih ingat dengan foto John Lennon yang tidak berpakaian sambil memeluk Yoko Ono? Foto yang yang menjadi sampul majalah Rolling Stone ini adalah foto terakhir mendiang John Lennon. Ia juga sempat memotret Miley Cyrus yang berpose topless untuk majalah Vanity Fair. 

Sally Mann

Sally Mann dikenal karena karya fotonya yang berwarna hitam putih. Wanita asal Amerika ini menyukai momen-momen candid dalam karyanya. Ia merupakan fotografer fenomenal yang menjadikan anaknya sebagai model dan objek foto karyanya.

Pose telanjang dari anak-anaknya inilah yang membuat Sally terkenal dan dibicarakan banyak orang. Banyak yang tidak setuju atas hasil fotonya tapi bagi Sally, foto tersebut menggambarkan 'keluguan' dan sisi alami anak-anak. Penhargaan terakhir yang ia terima adalah Honorary Fellowship of The Royal Photographic Society di tahun 2012.

Dorothea Lange

Fotografer satu ini sudah meninggal di tahun 1965.  Ia mendapat sebutan sebagai fotografer Amerika yang paling berpengaruh. Dorothea Lange terkenal dengan karya foto mengenai 'Great Depression', yaitu krisis ekonomi parah sebelum perang dunia ke-2.

Saat itu ia bertugas untuk mendokumentasikan masa sulit sepanjang sejarah Amerika. Karya fotonya bahkan sangat bagus dan mengharukan hingga ia terkenal.

Cindy Sherma

Cindy Sherman mungkin adalah fotografer yang cukup narsis. Ia suka menjadikan dirinya objek untuk karya-karyanya. Tapi rupanya hal inilah yang makin membuatnya terkenal.

Bahkan terkadang wanita ini memakai tubuhnya sendiri dalam tiap karya kontroversialnya. Wanita berusia 58 tahun ini juga seringkali foto untuk majalah mode seperti Vogue dan Harper's Bazaar pada tahun 90-an serta brand fashion ekslusif seperti Comme des Garçons, Marc Jacobs, dan Balenciaga.

Jill Greenberg

Karya Jill Greenberg yang paling baru dan fenomenal adalah 'End Times'. Ial menampilkan beberapa anak kecil yang menangis dengan berbagai ekspresi. Pesan dari foto-foto yang ia pamerkan ini bentuk kekecewaan Jill kepada Amerika.

Hal yang membuatnya menjadi kontroversional adalah Jill membuat anak-anak itu menangis dengan memberinya permen lolipop yang kemudian diambil kembali. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading