Sukses

Lifestyle

Menakutkan, Memencet Jerawat Bisa Menyebabkan Kematian!

Wajah berjerawat adalah hal yang wajar, karena hormon wanita yang sering berubah-ubah menyebabkan jerawat bermunculan. Sebelum haid, terlalu banyak mengonsumsi minyak dan lemak, jarang membersihkan wajah sampai terlalu banyak terkena sinar matahari bisa menyebabkan jerawat 'hadir' di wajah mulus kesayangan Anda. Jerawat memang mengganggu dan memperburuk penampilan, karena itu banyak wanita yang sebal bila ada jerawat 'nongol' di dahi, pipi, atau dagu wajahnya.

Memencet jerawat adalah kegiatan 'favorit' wanita yang sedang berjerawat. Secara refleks, otak merasa bahwa jerawat harus segera 'dimusnahkan' dan cara tercepat adalah memaksanya keluar dengan cara dipencet. Ada rasa lega yang muncul setelah berhasil memencet jerawat keluar dari wajah, tapi amankah cara ini?

Faktanya, kebiasaan memencet jerawat ini tidak baik lho ladies. Bahkan bisa menimbulkan penyakit serius dan berujung pada kematian! Tidak percaya? kebiasaan memencet jerawat umumnya meninggalkan bekas luka, atau yang lebih parah, infeksi. Sebab memencet jerawat sama dengan Anda menyobek kulit.

Ketika kulit sobek dan terbuka, kuman dan bakteri bisa bebas masuk ke dalam pori-pori kulit wajah Anda. Kuman ini bisa menyebabkan infeksi, alergi bahkan merusak kulit lho! Tangan yang penuh bakteri pun berpindah ke luka yang terbuka. Kulit wajah jadi infeksi, meninggalkan bekas luka, atau bahkan membuat Anda sakit parah.

Menurut Mother Nature Network, ada 'segitiga kematian' pada wajah setiap orang. Salah satunya ada pada wajah yang memiliki luka terbuka dari hasil memencet jerawat. Hal ini karena infeksi di sekitar wajah memang bisa memicu kematian.

Pembuluh darah di wajah biasanya berpusat di bagian kepala, yang merupakan tempat otak berada. Jika tidak segera disembuhkan, infeksi di wajah bisa sangat mematikan, karena bisa menyebabkan kelumpuhan, kebutaan, hingga kematian, dikutip dari merdeka.com. Pembuluh darah di sekitar hidung, mulut, dan mata juga sangat dekat dengan otak. Infeksi pada daerah ini bisa berakibat fatal ladies.

Bila terdapat jerawat yang mengganggu di wajah Anda, jangan Anda pencet sendiri ya! Lebih baik oles dengan bahan pengempes jerawat alami atau biarkan saja karena biasanya jerawat akan sembuh dengan sendirinya. Bila sudah terlalu parah, bawa ke dokter kulit dan beri obat sesuai dengan resep dokter. Tindakan salah kita walau kecil bisa menyebabkan kematian lho. Tetap sehat tanpa membahayakan diri yuk!

BACA JUGA

Merawat Wajah yang Mudah Terkena Jerawat

Madu Yang Bisa Sembuhkan Luka Dalam Hitungan Hari

Cara Alami Mengempeskan Jerawat Dalam Satu Malam

3 Larangan Bila Kulitmu Berjerawat

Agar Wajah Tidak Berlubang Karena Jerawat

Manfaat Cuci Muka dengan Air Dingin

Kacamata dan Kuas Makeup Dapat Menyebabkan Jerawat

Foundation Yang Cocok Untuk Kulit Berjerawat

(vem/sya)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading