Sukses

Lifestyle

6 Pesaing Sambal Uleg Indonesia Dari Berbagai Dunia

Faktanya sambal bukan hanya milik Indonesia. Di setiap negara yang berbeda memiliki jenis sambal yang juga berbeda. Tak cuma dari tingkat pedasnya saja. Tapi juga dari perbedaan bahan dan rasa yang dihasilkan. sebagai orang Indonesia, kita bangga dengan menyebutkan kalau negara kita memiliki sambal  paling pedas di dunia.

Ternyata beberapa negara dunia ini juga memiliki sambal khas negaranya yang juga dianggap paling pedas sedunia. Akankah sambal khas tradisional negara lain ini akan mengalahkan sambal uleq asli Indonesia? Inilah 7 peringkat makanan terpedas sedunia.

(vem/eve)

Tom Yam

Sup asli dari Thailand ini rasanya segar dan pedas. Rasa pedas sup tom yam ini khas karena segar yang didapat dari jeruk nipis dan daun jeruk. Untuk cabe asli thailand yang disebut Thai Bird Eye Chilli atau cabe rawit merah ini bisa Anda coba pedas uniknya.

Papa a la Huancaina

Makanan asli negara Peru ini tampilannya hampir mirip kare asli Indonesia. Papa a la Huancaina Peru memiliki salad kentang yang dibuat dari kentang rebus yang telah didinginkan, ditambah selada, zaitun, jagung, telur rebus dan disiram saus Huancaina yang pedas. Saus Huancaina ini adalah kunci pedas makanan Peru. Terbuat dari susu, keju, garam dan cabe Amarillo yang super pedas.

Lobak dengan Lada Sichuan

Kalau biasanya kita makan salad sebagai makanan penutup yang menyehatkan dan nyaman di perut. Tapi ini berbeda dengan salad super pedas asli China. Kalau salad pada umumnya dinikmati bersama saus asam, di Cina salad ini disajikan dengan cabe Sichuan yang dicampur dengan cabe rawit merah. Salad yang terbuat dari lobak ini mempunyai rasa yang unik, antara rasa manis, renyah, asam, dan tentu saja, sangat pedas. 

Kimchi

Makanan pedas asam asli Korea ini adalah makanan wajib bagi yang sangat disukai dan populer di sana. Kalau orang Indonesia tak bisa hidup tanpa sambal begitu pula kimchi bagi orang Korea. Kimchi terbuat dari kol, sawi, atau mentimun yang dibumbui dengan bawah putih, bawang merah. Rahasia pedas kimchi ada pada cabe merah dan jahe. Uniknya, setelah dibumbui adonan kimchi difermentasikan selama berbulan-bulan, sehingga tingkat kepedasan meresap.

Wot

Ethiopia mempunyai makanan pedas yang bernama Wot, yang memiliki arti ‘aduk’. Makanan pedas di negara ini bukan disajikan dengan nasi, tapi dinikmati dengan roti. Wot adalah bumbu yang terbuat dari bawang putih, bawang merah, jahe, dan Barbere (semacam bumbu kering dan cabe kering). Setelah semuanya bercampur lalu direbus bersama kaldu ayam selama beberapa jam dan disajikan dengan roti Injera.

Vindaloo

Kari bisa dibilang adalah makanan khas India yang terkenal. Dan di India kare paling pedas yang disebut Vindaloo juga favorit semua orang. Dibuat dari campuran cabe kering, mustard, ketumbar, cabe adas, dan jahe ini paling cocok disajikan dengan daging seperti daging sapi atau ayam atau kentang.

Sambal Ulek

Ternyata untuk rekor makanan paling pedas di dunia adalah sambal uleg dari Indonesia. Sambal yang merupakan bumbu tambahan di makanan sehari-hari masyarakat Indonesia ini memiliki banyak jenis dan rasa. Mulai dari sambal tomat, bawang, kacang, udang, terasi, mangga yang pastinya memiliki tingkat pedas yang tidak terkalahkan. Sambal uleg ini merupakan campuran dari cabe merah, cabe rawit, bawang merah, sedikit garam, dan sedikit jeruk purut.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading