Sukses

Lifestyle

Cermat Pilih Kosmetik, Menghindarkan Dari Masalah Tiroid

Wanita suka sekali menggunakan berbagai produk kecantikan dan makeup. Bila sudah mengaplikasikan beberapa makeup, wajah terasa lebih cantik dan kekurangan-kekurangan seperti noda jerawat bisa tertutupi sempurna. Banyak merek kosmetik yang ada di pasaran, mulai dari yang harganya terjangkau hingga tidak terjangkau bagi wanita kelas menengah. Anda bebas memilih kosmetik yang Anda sukai, namun kini Anda harus lebih teliti lagi.

Menurut sebuah studi baru paparan bahan kimia yang digunakan untuk membuat berbagai macam produk konsumen dapat menyebabkan perubahan dalam fungsi tiroid. Bahan kimia yang ada dalam kosmetik memang bisa menjadi berbahaya bila bahan itu tidak tepat guna (sebenarnya bukan untuk kosmetik) atau ditambahkan secara berlebihan. Orang-orang memiliki eksposur luas bahan kimia yakni perfluorinated (PFC), yang digunakan untuk memproduksi barang-barang seperti kain, karpet, kosmetik. Bahan kimia ini membutuhkan waktu yang cukup lama agar hilang dari tubuh.

Nah, bahan di kosmetik bisa menyebabkan seseorang terkena masalah tiroid. Apalagi, bahan kimia ini bila sudah masuk ke dalam tubuh akan susah untuk dihilangkan walau dengan detoksifikasi sekalipun. Sebuah penelitian di Amerika ingin mengetahui seberapa banyakkah kosmetik yang mengandung PFC dan bagaimana kondisi mereka sekarang. Penelitian ini melibatkan 1.100 orang yang mengambil bagian dalam Survei Pemeriksaan Gizi pada 2007-2008 dan 2009-2010 di Amerika. Penelitian tersebut melihat perbedaan tingkat PFC dan fungsi tiroid peserta.

Hasilnya? cukup mengejutkan ladies. Seperti yang sudah diperkirakan oleh peneliti, kadar PFC yang lebih tinggi dalam tubuh dapat mengubah fungsi tiroid pada pria dan wanita. Hal ini karena banyak wanita seperti 'kecanduan' menggunakan makeup dan tidak pernah meneliti terlebih dahulu kosmetik yang digunakannya aman atau tidak. Kadar PFC yang lebih tinggi dalam tubuh dapat mengubah fungsi tiroid pada pria dan wanita. Peneliti juga menemukan PFC yang mungkin meningkatkan risiko hipotiroidisme ringan pada wanita seperti dilansir know more (17/7), dikutip dari merdeka.com.

Hal ini dapat menyebabkan gejala seperti kelelahan, depresi merasa dingin, kulit dan rambut kering, sembelit dan menstruasi tidak teratur.

Cermat dalam memilih kosmetik tidak hanya sekedar membaca komposisi nya saja tetapi juga harus paham apakah bahan itu berbahaya atau tidak. Bila sudah terkena masalah seperti tiroid maka akan susah disembuhkan ladies. Kecantikanmu tidak sebanding dengan kesehatan bagian dalam tubuh, yuk cerdas memilih kosmetik!

BACA JUGA

Kosmetik dan Parfum Sebabkan Kanker Payudara

9 Jenis Kosmetik Kita Ternyata Memicu Kanker

Bahan Kimia Pada Kosmetik Dapat Tingkatkan Perkembangan Sel Kanker Payudara

Inilah Alasan Kanebo Tarik Produknya

Bahaya Memakai Bulu Mata Palsu

Hati-Hati Beli Produk Perawatan Kulit Dari Online Shop

Hati-hati, Kosmetik Bisa Picu Kanker Payudara!

(vem/sya)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading