Sukses

Lifestyle

10 Tradisi Khas China Yang Datangkan Keberuntungan

China identik dengan kekayaan budaya dan tradisinya. Bagi penduduk China, tradisi sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Mereka menerapkan tradisi turun temurun itu dan percaya bahwa beberapa tradisi mereka membawa keberuntungan. Salah satunya adalah memiliki patung kucing kecil yang dianggap sebagai pemanggil rezeki. Selain patung kucing kecil, apalagi ya tradisi khas China yang dipercaya membawa keberuntungan?

BACA JUGA

Boneka Teddy Bear Termahal di Dunia, Harganya Rp 800 Juta

Intip Kecanggihan Google Glass Yuk!

5 Boneka Termahal di Dunia

Temukan Barang Hilang Anda Dengan Bluetooth

Super Mahal, Handphone Khusus Wanita Harganya 1 Miliar Lebih

Heboh Berburu Hello Kitty Limited Edition

(vem/sya)

Simbol bintang dan kristal

Tradisi turun temurun di China mengatakan bahwa "Berharaplah pada bintang keberuntungan untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan". Jadi penduduk China menaruh miniatur bintang dan meletakkannya di langit-langit rumah sebagai simbol bahwa mereka menatap ke arah bintang.

Selain bintang, kristal juga dipercaya sebagai pembawa keberuntungan. Bila memiliki bayi kecil, mereka biasanya menaruh kristal di dalam rumah pada arah timur laut agar bayi membawa keberuntungan.

Ikan Mas dan patung Buddha tertawa

Ikan ini di Indonesia biasanya jadi santapan lezat untuk menu makan bersama. Tapi di China, ikan mas dianggap sebagai simbol keberuntungan. Tradisi ini biasanya menaruh delapan ikan emas berwarna merah atau emas dan satu hitam di dalam akuarium.

China adalah negara komunis di mana banyak penduduk China yang tidak beragama. namun bagi mereka pemeluk agama Buddha, patung Buddha tertawa biasanya diletakkan di arah Barat rumah, karena diyakini dapat membawa kebahagiaan dan kekayaan spiritual. Patung ini biasanya berbentuk kecil dan ditempatkan di rak buku atau rak pajangan di ruang tamu.

Ornamen gajah atau harimau

Hewan termasuk salah satu makhluk yang kerap dipercaya membawa keberuntungan. Gajah diyakini membawa keberuntungan. Patung gajah biasanya ditempatkan di dekat pintu depan rumah untuk mengusir nasib buruk. Jika diletakkan di kamar tidur, ornamen harimau, yang juga merupakan simbol kekuatan, dipercaya dapat menyembuhkan penyakit.

Pintu bercat merah dan patung dewa kekayaan

China terkenal dengan warna merahnya. Lampion, dupa dan kelentengnya didominasi oleh warna merah. Ternyata warna merah ini mengandung nilai tradisi lho. Pintu yang dicat merah di awal tahun dianggap dapat membawa keberuntungan ke rumah. Tidak heran, menjelang tahun baru imlek banyak penduduk China yang mengecat ulang rumahnya agar warna merahnya tetap menyala.

Patung dewa kekayaan juga kerap ditemui di rumah penduduk China. Namun uniknya bila ingin patung ini benar-benar menjadi pembawa keberuntungan maka harus orang lain yang memberikannya kepada kita.

Koin emas dan lampion China

Emas identik dengan lambang kekayaan. Koin emas China ini bisa digunakan untuk membawa keberuntungan ke rumah. Koin ini biasanya ditaruh di mangkuk atau Anda dapat membeli koin yang diikat dengan simpul mistik untuk membawa keberuntungan. Selain koin, lampion berwarna merah khas China juga dipercaya membawa keberuntungan.

Lampion biasanya dipasang ketika perayaan tradisi atau pernikahan. Dengan memasang lampion diharapkan rezeki akan datang karena jalan ke rumah sudah diterangi dengan lampion.

Bambu

China terkenal dengan sebutan negeri tirai bambu. China memang memiliki banyak hutan bambu. Bambu asli China dipercaya membawa keberuntungan bagi yang menanamnya di halaman rumah.Tunas bambu yang diikat dengan pita merah melambangkan rasa kesatuan.

Itu dia ladies 10 tradisi khas China yang dipercaya membawa keberuntungan. Anda ingin mencoba menaruhnya di rumah Anda? tidak ada salahnya lho. Tapi tetap harus berusaha ya agar kekayaan datang, tidak hanya menggantungkan pada benda-benda ini. Good luck ladies! 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading