Sukses

Lifestyle

Kisah Mentul, Waria Dari Kota Bunga

Gender adalah kodrat dan karunia dari sang pencipta. Manusia tidak bisa memilih akan dilahirkan dengan jenis kelamin apa. Walau begitu, kenyataan selama ini ternyata kadang bertolak belakang. Banyak yang memilih menjadi laki-laki padahal dia sebenarnya perempuan atau dulunya laki-laki kini menjadi perempuan jelita nan rupawan. Mereka merasa terjebak dalam tubuh yang salah dan menemukan jati diri mereka di dalam gender barunya. Semakin berkembangnya jaman, mengubah jenis kelamin kini bukan lagi dianggap sebagai sesuatu yang pantang atau aneh di mata orang.

Mentul, nama panggilan akrab dari waria yang berdomisili di kota Malang ini. Mentul dengan terang-terangan tanpa merasa rendah diri ataupun malu hati menunjukkan penampilannya yang kini mirip dengan wanita. Mentul mengatakan bahwa jiwanya menjadi seorang waria justru dipupuk oleh kedua orang tuanya sendiri. "Sejak kecil, orang tua saya itu membelikan mainan pada saya bukannya robot, mobil-mobilan, atau pesawat, melainkan boneka. Dan dan pun juga menyerupai perempuan. Itu yang membuat saya seperti ini," ujar Waria Mentul kepada merdeka.com di depan Hotel Aloha, Malang (15/6) dikutip dari merdeka.

Mentul. Courtesy merdeka

Rupanya orang tua Mentul ingin memiliki anak perempuan. Karena itulah sejak kecil Mentul diperlakukan seperti perempuan. Mentul kecil pun terbiasa dengan mainan perempuan dan didandani layaknya gadis kecil nan mungil. Penampilan Mentul yang seperti itulah yang membuatnya mengalami pelecehan seksual semasa kecil. Saat Mentul berusia sekitar 7 tahun, dia mengalami pelecehan seksual yang dilakukan oleh 6 mahasiswa yang kos di sekitar rumahnya. 

Awalnya Mentul menolak, namun karena iming-iming uang akhirnya dia mau dan lama-lama Mentul menjadi terbiasa. Kejadian itu terjadi berulang kali sampai keenam pemuda itu lulus kuliah. Mentul terlanjur menyukai sesama jenis dan sulit untuk menyukai lawan jenis walau Mentul pernah mencobanya. Mentul mengaku sudah 'enjoy' dengan status sosialnya saat ini dan dia menyatakan bahwa peluang untuk menjadi lelaki normal masih ada. Mentul tidak mendapat larangan dari keluarganya karena mereka memilih untuk tidak peduli.

Kini Mentul sudah total menjadi waria dan menjalani hidupnya sehari-sehari tanpa tekanan apa-apa. Baginya, bila suatu hari kelak dirinya kembali menjadi pria normal maka itu adalah kuasa Tuhan dan dia tidak akan mengelaknya.

BACA JUGA

Ully Artha Tutup Usia

Julia Perez: si Cantik Nan Kontroversial

Kondisi Kesehatan Nelson Mandela Semakin Memprihatinkan

Darla Burns Menulis Buku di Tengah Keterbatasan nya

Kisah Mengharukan: Anjing Menyelamatkan Nyawa Manusia

(vem/Sya)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading