Sukses

Lifestyle

Panduan Memilih Password Aman Agar Tidak Dibobol

Pernahkah Anda memikirkan seberapa penting memilih dan menyusun password yang aman? Memiliki password yang tepat sangat penting untuk mengamankan data-data pribadi, termasuk urusan keuangan yang sangat rawan.

Jangan sampai email atau Facebook Anda digunakan orang tidak bertanggung jawab karena mereka dengan mudah menebak password Anda. Jangan sampai juga tabungan Anda di ATM habis karena password Anda dibobol.

Untuk mencegah dua hal tersebut, lakukan tips-tips di bawah ini:

Jangan gunakan password yang paling banyak dipakai

Contohnya: 123456, 12345678, 123abc, password, nama diri sendiri, tanggal lahir diri sendiri, dan sebagainya.

Tidak melihat tingkat kekuatan password

reader digest

(c) readers digest

Saat Anda mendaftarkan diri dan harus menuliskan password, beberapa media menggunakan parameter kekuatan password. Jika kekuatan password Anda masih lemah, coba password lain hingga menghasilkan password yang kuat.

Gunakan kombinasi huruf dan angka

Mungkin Anda akan menjadi 'anak alay' dengan menggunakan password kombinasi huruf dan angka, misal '4kuc4nt1ks3k4l1'. Tentu saja password tersebut lebih aman daripada 'akucantiksekali'.

Rangkai password minimal 12 karakter

Semakin panjang karakter password yang Anda gunakan, semakin aman.

Jangan gunakan password yang sama untuk semua hal

Hindari menggunakan password yang sama untuk semua media sosial, bank, ATM atau apapun yang mengharuskan Anda menggunakan password. Jika satu orang 'iseng' mengetahui password Anda, kemungkinan besar dia akan membobol semua media sosial yang Anda miliki.

Ganti password secara berkala

Setidaknya empat bulan hingga enam bulan sekali, akan lebih baik juga Anda mengganti password. Ini untuk keamanan agar jika satu orang tahu password Anda beberapa bulan lalu, Anda sudah punya password baru yang tidak dia ketahui.

Jangan beritahu password Anda

Bijaklah untuk menjaga rahasia password Anda. Banyak masalah muncul saat seorang wanita terlalu percaya dengan pacarnya dan membagi password. Tidak ada keharusan seseorang harus menjaga passwordnya seorang diri, tetapi bijaklah dan pikirkan baik-baik sebelum Anda membagi password dengan orang lain.

BACA JUGA:

Dampak Buruk Facebook Dalam Kehidupan Kita

Internet dan Smartphone Membuat Orang Makin Bodoh

Kari Paling Pedas Sedunia, Bikin Halusinasi Bahkan Pingsan

Seram, T-Rex Ganas Datang ke Pesta Pernikahan Ini

Aneh, Gudang Yang Terbakar Jadi Istana Es Saat Api Dipadamkan

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading