Sukses

Lifestyle

May Day 2013 : Dari Doodle Google Hingga Twit Unik

Dari awal kemunculannya, Hari Buruh atau May Day memang jatuh tepat pada tanggal 1 Mei. Seperti biasanya, para buruh memilih untuk berunjuk rasa atau demo demi memperingatinya. Sedikit membicarakan tentang sejarah, May Day bermula dari unjuk rasa yang dilakukan oleh para pekerja dunia pada awal abad 19. Pekerja di Amerika Serikat mogok kerja karena mereka diperas tenaganya untuk bekerja 19 hingga 20 jam sehari yang artinya parapekerja tersebut hanya mempunyai 4 jam waktu istirahat.

Tahun 1881, terciptalah serikat pekerja dan menyebar dengan cepat seantero Amerika Serikat. Tahun berikutnya, diperingatilah Hari Buruh pertama di New York. Dengan 20 ribu pengunjuk rasa, mereka juga membawa spanduk bertuliskan tuntutan mereka : 8 jam bekerja, 8 jam istirahat dan 8 jam rekreasi. Akhirnya, tuntutan mereka dibawa ke kongres di Swiss pada tahn 1886. dan 1 Mei menjadi hari perjuangan kelas pekerja sedunia.

Di Indonesia, Hari Buruh tidak lagi diperingati sejak jaman orde baru. Namun, menurut keputusan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, 1 Mei akan kembali menjadi hari libur nasional pada tahun 2014 mendatang.
Layaknya peringatan di tahun sebelumnya, tahun ini juga diprediksi akan banyak buruh yang turun ke jalan lho, Ladies. Jadi, jangan heran jika beberapa titik di kota-kota akan terjadi kemacetan. Kita patut mengapresiasi cara mereka untuk memperjuangkan hal tersebut. Tak hanya disitu, peringatan juga dilakukan dengan berbagai hal unik, seperti doodle di situs pencarian Google.

Jika Anda sudah masuk ke dalam situs pencari terbesar ini, Anda pasti akan mendapati desain Doodle yang unik dalam rangka memperingati Hari Buruh atau may Day. Melirik ke jejaring sosial Twitter, coba masukkan kata kunci 'Hari Buruh' pada kolom pencarian. Anda akan menemukan berbagai 'ucapan' dan cara unik dari para tweeps, mulai dari yang mengeluh macet hingga membuat jokes tentang Hari Buruh. No offense, ok?

peringatan hari buruh di twitter

peringatan hari buruh di twitter

(vem/dyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading