KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. RAGAM

Hii... Di Cina Ada Spa Khusus Yang Sudah Mati

Selasa, 16 April 2013 11:50 Penulis: dyn
(c) South China Morning Post

Vemale.com - Spa biasa diidentikkan dengan rangkaian perawatan yang dilakukan oleh wanita guna mempercantik diri dan membuat tubuh menjadi segar dan fit kembali setelah aktifitas yang padat. Namun, pernahkah terlintas di benak Anda tentang adanya perawatan spa khusus untuk orang yang sudah meninggal? Hii... Mendengarnya saja sudah ngeri.

Namun, ini lah yang terjadi di Chongqing, Cina. Sebuah rumah duka di daerah ini mencoba sebuah cara baru yang kontroversial untuk menarik 'pelanggan' yakni dengan memberikan high-end pelayanan spa untuk para kliennya yang notabene adalah orang mati ini. Mulai dari persiapan pemakaman hingga perawatan spa disajikan oleh rumah duka ini.

Ini tentu membuat kontroversi besar dan membuat banyak orang mengkritik langkah yang dipilih tersebut. Dikatakan di South China Morning Post, perawatan khusus untuk orang mati ini meliputi cuci rambut hingga pijat kaki. Entah untuk tujuan apa pelayanan ini dilakukan, namun ini memang menjadi ladang bisnis dalam bidang persiapan pemakaman yang mewah.

Beberapa orang melalui internet menanggapi hal ini, diantaranya ada yang mengatakan 'mungkin mereka sudah kehabisan ide lagi untuk mendapatkan uang'. Ada pula yang berkomentar, 'tidakkah mereka takut akan mimpi buruk yang akan menyerang mereka?' dan masih banyak kritik dan komentar lainnya.

Dikatakan pula melalui South China Morning Post bahwa ritual spa ini dilakukan masyarakat Chongqing sebagai ucapan selamat tinggal kepada orang yang mereka cintai. Ini tentu menjadi peluang yang tidak akan dilewatkan oleh rumah duka disana untuk semakin mengkomersilkan kematian seseorang.

Di luar itu semua, ritual perawatan spa untuk yang sudah mati ini memang salah satu hal unik yang lagi-lagi terjadi di negara yang dikatakan berpenduduk terbanyak di dunia ini. Bagaimana pendapat Anda, apakah Anda setuju atau tidak dengan spa untuk yang sudah mati ini?

(vem/dyn)
KOMENTAR PEMBACA