Sukses

Lifestyle

Wanita Korea Utara Harus Potong Rambut Sesuai Status

Dengan berita ini, Anda akan merasa beruntung tinggal di Indonesia. Jika Anda sering melihat berbagai gaya rambut keren wanita Korea Selatan, hal berbeda justru dialami wanita Korea Utara. Di negara komunis yang sangat tertutup tersebut, wanita tidak bisa sesuka hati menata rambutnya. Dari jutaan model rambut yang bisa dimiliki wanita, Korea Utara hanya mengizinkan 18 model rambut, dilansir Dailymail.

Wanita-wanita di Korea Utara tidak punya banyak pilihan gaya rambut, suka tidak suka, mereka harus memilih gaya rambut yang sudah ditetapkan pemerintah. Model rambut yang bisa dipakai harus sesuai dengan gambar 18 gaya rambut yang wajib dipasang semua salon. Tidak hanya itu, para wanita juga harus menyesuaikan gaya rambut dengan status pernikahan.

dailymail

(c) dailymail

Jika sudah menikah, maka sang wanita harus memiliki gaya rambut pendek tanpa aksesoris. Jika belum menikah, gaya rambut boleh sedikit lebih panjang, memakai pita, bando atau aksesoris sederhana lainnya. Hal yang sama juga berlaku untuk pria, mereka harus memiliki rambut yang lebih pendek dari 5 cm dan dipangkas setiap 15 hari sekali.

dailymail

(c) dailymail

Alasan dari peraturan ini agar perempuan Korea Utara tidak terpengaruh pemikiran dan fashion Barat. Peraturan ini telah diberlakukan sejak tahun 2005. Walaupun begitu, ibu negara Korea Utara, Ri Sol-Ju justru memperlihatkan selera fashion yang lebih maju. Dia sering memakai blazer dan menyisir rambutnya dengan 'normal' ketimbang memakai dress menggembung ala 80-an dan rambut bob pendek.

Tampaknya Anda akan menggelengkan kepala jika harus tinggal di Korea Utara, karena 18 gaya rambut itu sangat ketinggalan zaman. Bagaimana tanggapan Anda, ladies?

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading