Sukses

Parenting

Anak Perempuan Ini Mengidap Anoreksia Sejak TK

Anoreksia adalah gangguan pola makan yang sering diderita wanita. Gangguan pola makan yang membuat seseorang menolak makan dan mempertahankan berat badan berlebih karena pencitraan diri yang menyimpang. Efek negatif dari anoreksia adalah berat badan yang sangat tidak ideal, sangat kurus (sering disebut tengkorak berjalan) dan membuat kinerja tubuh bagian dalam terganggu.

Aku lapar, tapi tidak ingin makan

Gangguan ini rawan diderita wanita muda dan wanita dewasa, tetapi yang membuat mirip, gangguan ini semakin banyak diderita anak-anak. Salah satu penderita anoreksia anak adalah Sophie saat usianya masih 6 tahun. Dilansir Dailymail, ibu Sophie, Anne (nama samaran) mengatakan bahwa putrinya sering mengeluh lapar, tetapi tidak mau makan. Ada dorongan dari pikirannya untuk tidak makan.

Sophie sendiri mengaku sering membuang bekal makan siangnya dan berolahraga pada jam istirahat sekolah. Dalam usia yang masih sangat muda, Sophie dinyatakan mengalami anoreksia nervosa sejak usia 6 tahun. Akibat gangguan pola makan ini, berat badan Sophie tidak bertambah selama 10 bulan. Tentu saja hal ini sangat mengkhawatirkan, karena anak-anak perlu nutrisi yang baik untuk masa pertumbuhannya.

Kasus anoreksia anak meningkat setiap tahun

Gangguan makan yang diderita Sophie bukan yang pertama. Menurut laporan dalam Agency for Healthcare Research and Qualitydi Inggris, jumlah anak yang mengalami gangguan makan akut meningkat 72 persen dalam 10 tahun terakhir. Meskipun banyak catatan akan hal ini, belum diketahui penyebab anoreksia pada anak-anak. Kemungkinan yang bisa diambil adalah faktor keturunan dan kemungkinan ada anggota keluarga yang juga mengalami gangguan makan.

Baik oleh anak-anak ataupun orang dewasa, kasus anoreksia harus disembuhkan. Sophie sendiri sudah melakukan berbagai upaya untuk mengembalikan berat badan ke angka yang normal. Mengembalikan pola pikir penderita anoreksia tidaklah semudah menyodorkan sepiring makanan dan memaksa mereka makan, perlu adanya perubahan pemikiran akan citra tubuh agar mereka kembali mau makan.

Kini, Sophie sudah berusia 8 tahun dan semakin sehat, gejala kekurangan nutrisi yang dialami akibat gangguan anoreksia sudah berkurang.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading