Sukses

Lifestyle

8 Hewan Piaraan Paling Unik di Dunia

Hewan adalah sahabat manusia yang cukup setia dan menghibur. Mengamati tingkahnya saat makan, tidur, bermain, atau bermanja, bisa menimbulkan kesenangan tersendiri.

Sebagian besar pecinta hewan memilih memelihara hewan dengan karakter masing-masing dan jenis yang disukai. Rata-rata, hewan peliharaan memang punya kelebihan berdasarkan jenisnya. Sebut saja kucing, hewan menggemaskan ini selalu bertingkah lucu, malas dan menghibur. Sedangkan Anda yang doyan hewan setia dan bisa menjaga, anjing adalah hewan yang cocok untuk dipilih dan dipelihara.

Bicara soal hewan-hewan piaraan, ada 8 hewan piaraan yang tercatat di Guiness World Records karena prestasi dan keunikannya sendiri lho. Yuk simak, kelebihan serta keunikan apa saja sih yang mereka miliki?

(vem/bee)

Anjing Terkecil di Dunia

Anjing adalah mamalia yang telah mengalami domsetikasi dari hewan serigala beribu-ribu tahun yang lalu. Berdasarkan perkembangannya, mereka terbagi menjadi sekitar 68 jenis anjing.

Sebut saja beberapa di antaranya adalah Dalmatian, anjing yang dikenal bertubuh besar dengan warna putih dan spot hitam di tubuhnya, atau Golden Retriever, si anjing berbulu emas yang ramah dan jinak kepada orang yang di dekatnya, juga anjing Kintamani, anjing asal Bali yang populer di dunia.

Di antara anjing-anjing tersebut, Anda harus mengenal Boo Boo. Hmmm.. siapakah dia?

Boo Boo dikenal sebagai anjing terkecil di dunia. Jenisnya adalah Chihuahua berbulu panjang. Tingginya kurang lebih 10 cm dengan berat 900 gram saja. Boo Boo tinggal di Raceland dan sangat disayang oleh pemiliknya bernama Lana Elswick.

Oscar, Kucing Dengan Kaki Palsu

Kucing atau yang memiliki nama latin Felis Silvestris catus adalah hewan yang sudah berbaur dengan manusia setidaknya 6.000 tahun SM. Kucing adalah salah satu hewan predator yang terhebat di dunia. Pun demikian, kucing sangat ramah dan tidak berbahaya bagi manusia. Satu-satunya bahaya adalah apabila ia terinfeksi penyakit rabies, atau mengancam penyakit tokso pada ibu hamil.

Sisanya, kucing adalah hewan manja yang menggemaskan dengan segala tingkahnya.

Namun Anda harus bertemu dengan seekor kucing bernama Oscar ini. Ia kucing pertama yang menggunakan dua kaki palsu di bagian kaki belakangnya. Aduh kasihan yah.

Kedua kaki Oscar harus diamputasi karena ia mengalami kecelakaan beberapa waktu yang lalu. Karena pemiliknya tak ingin membiarkan ia pincang atau sampai mati, akhirnya ia menginginkan kaki implan.

Dan kini, Oscar dapat berjalan dan berlari seperti kucing-kucing lainnya dengan kedua kaki barunya, sekalipun kaki tersebut tidak berbulu. Hmm... ternyata benar ya, kucing itu punya sembilan nyawa.

Anastasia, Doyan Meletuskan Balon

Balon mungkin menjadi mainan yang menarik dan lucu bagi anak-anak. Tetapi, bagi anjing mungkin balon adalah hal yang menakutkan saat meletus.

Berbeda dengan anjing-anjing lainnya, Anastasia memiliki hobby yang berbeda. Anastasia gemar meletuskan balon dengan menggunakan giginya. Kegemaran inipun dimanfaatkan oleh pemiliknya dan melatih kelebihannya itu. Saat ini, Anastasia dapat meletuskan 100 balon hanya dalam waktu 44.40 detik saja.

Kepandaian anjing inipun kemudian segera terdengar oleh mereka yang menjalankan industri periklanan. Tak berapa lama, Anastasiapun mulai sering muncul pada iklan-iklan di website maupaun di media cetak.

Anjing Pelompat Tertinggi

Tentunya kita mengenal bahwa hewan yang doyan melompat adalah si kanguru dari Australia. Hewan ini bisa melewati beberapa mil dengan sekali lompatannya. Namun, ternyata ia tak sendirian.

Adalah seekor anjing bernama Cinderella yang menyabet gelar anjing pelompat tertinggi di dunia. Ia bisa melompat setinggi 1,7 meter dan kira-kira bisa melompati pagar rumah Anda.

Anjing yang lebih akrab dipanggil Cindy ini dimiliki oleh Kate Long dan Kathleen Conroy. Ia tak hanya tercatat di Guiness World Record, namun juga telah memiliki sertifikat sebagai therapy dog.

Anjing Tertua di Dunia

Berapa usia anjing tertua di dunia?

Anda tak akan percaya bahwa Guiness World Record pernah mencatat seekor anjing yang usianya mencapai 29 tahun 5 bulan. Anjing yang bernama Bluet ini adalah jenis anjing ras Australia.

Ia dirawat oleh pemiliknya sejak tahun 1910, tinggal di peternakan dan bertugas menjaga kawanan domba agar jauh dari predator lain serta menggiring domba-domba tersebut agar tetap dalam kelompoknya. Bluey adalah anjing yang sangat ceria dan penurut. Pengabdiannya di peternakan pemiliknya ternyata membuatnya berusia panjang. Tentunya ia adalah hewan yang sehat dan bahagia hingga mencapai usia sepanjang itu ya.

Bluey akhirnya meninggal setelah menjadi pengembala domba 20 tahun lamanya. Pada 14 November 1939, ia menutup mata dan mengucapkan selamat tinggal pada pemiliknya.

Kucing Tertinggi di Dunia

Kucing kucing apa yang tertinggi di dunia? Apa? kucing yang naik ke atas genteng? Ah ngawur.

Guiness World Record mencatat adalah Trouble, kucing tertinggi di dunia. Kucing gurun ini dirawat dan dipiara oleh seorang wanita bernama Debby Maraspini.

Tingginya nyaris 1/2 meter diukur dari bahu ke ujung jarinya. Kucing ini merupakan persilangan dari kucing domestik dan kucing serval Afrika. Tak heran kan jika bulunya cantik dan memiliki motif totol yang terlihat garang.

Pun demikian, Trouble adalah kucing yang sangat manja pada pemiliknya lho.

Anjing Akrobat di Dunia

Sweet Pea, adalah seekor anjing penggembala Australia yang doyan bertingkah seperti manusia. Apabila biasanya di sirkus ada orang yang gemar melakukan gerakan akrobatik dengan meletakkan gelas berisi air di kepalanya dan tetap terjaga keseimbangan, kali ini gerakan ini dilakukan oleh seekor anjing.

Gerakan menghibur ini dilakukan Sweet Pea tak hanya di tanah datar. Ia dapat membawa segelas air di moncong hidungnya dengan menaiki maupun menuruni tangga.

Bahkan, Sweet Pea pernah mencatatkan dirinya berjalan sejauh 100 meter sambil membawa gelas dan tetap menjaganya tetap seimbang selama 2 menit 55 detik.

Kucing Paling Berisik di Dunia

Pernah mendengar kucing yang sedang kawin di atas genteng? Arrghhh... suaranya berisik bukan? Hmm... Anda harus bertemu dengan sekeor kucing bernama Smokey ini.

Smokey tercatat oleh Guiness World Record sebagai kucing paling berisik di dunia. Sifatnya yang selalu bahagia dan ceria membuat si kucing ini tak berhenti mengeluarkan suara dan mengerang. Suaranya yang berisik bahkan senyaring mesin pemotong rumput atau hair dryer. Dan dia akan berisik dan mengeluarkan suaranya setiap hari.

Aduhhhh, lucu sih, tapi bisa dibayangkan bagaimana berisiknya dia setiap hari?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading