1. VEMALE
  2. /
  3. RAGAM

Seberapa Penting Pasang Microchip Pada Hewan Peliharaan?

Selasa, 09 Oktober 2018 14:00 Penulis: Stella Maris
Copyright: Vemale.com

Vemale.com - Ketika memutuskan untuk memelihara hewan, artinya kita sudah harus siap bertanggungjawab atas kehidupan binatang tersebut. Hewan yang dipelihara seperti anjing misalnya, bukan sekadar penjaga rumah, tapi binatang itu bisa mengubah mood kita jadi lebih baik.

Soal mengubah mood, diakui juga oleh Soraya Haque, mantan model dan pramugari. Menurut dia Ladies, memelihara dan sering berinteraksi dengan anjing  dapat menimbulkan perasaan positif.

Terlepas dari hal tersebut, pemilik hewan peliharaan (anjing) yang bertanggungjawab perlu memasangkan microchip. Tujuannya tak lain untuk memerangi tindak pencurian pada anjing yang marak terjadi.

Gampangnya Ladies, saat anjing hilang, kamu bisa segera bertemu dengannya. Jadi bagaimana microchip sebesar biji beras atau sekitar 12-15 milimeter (mm) itu dipasang? Caranya lewat implan atau suntikan ke bagian belakang leher anjing. Pemasangan chip tersebut painless, Ladies!

Setelah chip selesai tertanam, dokter hewan akan melakukan scan atau pencocokan nomor chip. Lalu kamu tinggal menunggu 'KTP' atau identitas anjing kesayangan keluar.


Ketua Jakarta Animal Aid Network (JAAN), Karin Franken menambahkan, adanya pemasangan microchip gratis ini merupakan langkah awal yang baik, setelah dua tahun memperjuangkan kesejahteraan hidup anjing.

"Pemasangan microchip ini dapat meningkatkan status anjing dan kalua hilang mudah ditemukan. Ini jadi contoh pada pemilik anjing bahwa memiliki anjing bukan sekadar untuk ikut-ikutan, tapi juga harus bertanggungjawab,"jelas Karin.


Oh ya, ada informasi penting lainnya nih Ladies. Ada 500 Microchip diberikan secara cuma-cuma dari Pemerintah DKI Jakarta khusus anjing peliharaan. Jika kamu tidak mendapatkan chip tersebut secara gratis, jangan khawatir. Pasalnya kamu bisa mendapatkan microchip itu dari klinik hewan terdekat, harganya sekitar Rp350-400 ribu.

Untuk diketahui, pemberian microchip itu menyambut Hari Rabies Sedunia, dimana Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta bekerjasama dengan Jakarta Animal Aid Network (JAAN), dalam rangka sosialisasi microchip.

(vem/ivy)
KOMENTAR PEMBACA
Klarifikasi Angbeen Rishi Soal Perseteruan Dengan Ibunya