Sukses

Lifestyle

5 Fakta Menarik Soal Medali Asian Para Games 2018

Asian Para Games 2018 resmi dibuka di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu (6/10/2018). Di ajang bergengsi kali ini, Inapgoc memperkenalkan medali yang punya keunikan sendiri dibanding Asian Para Games pada tahun-tahun sebelumnya.

Desain medali Asian Para Games 2018 dibuat berbeda. Ada bunyi gemericik yang keluar bila medali digoyangkan. Selengkapnya, yuk simak sejumlah fakta menarik berikut ini.

1. Memiliki bunyi gemericik bila digoyangkan
Medali Asian Para Games 2018 bisa mengeluarkan bunyi gemericik saat digoyangkan. Ini medali yang bersejarah. Untuk kali pertama di ajang Asian Para Games kami meluncurkan medali dengan lagu. Ini tidak pernah ada di dua edisi sebelumnya," ungkap Direktur Divisi Sport Inapgoc Fanny Irawandi GBK Arena, Jumat (5/10/2018) seperti yang dilansir dari Liputan6.com. Yang membuat medali Asian Para Games 2018 mengeluarkan bunyi ini karena ada bola-bola kecil di dalamnya.

2. Jumlah bola-bola kecil berbeda untuk setiap medali
Setiap jenis medali mengeluarkan suara gemericik berbeda. Karena untuk medali emas ada 26 bola, perak 22, dan perunggu 16, sehingga bisa memudahkan para atlet disabilitas untuk mengenali dan mengidentifikasi medali dengan mendengarkan bunyinya.

3. Dibuat mirip dengan medali Paralimpiade 2016
Fanny memaparkan bahwa medali Asian Para Games 2018 ini dibuat mirip dengan yang ada di Paralimpiade 2016, Rio de Janeiro, Brasil. Dalam pembuatan medali Asian Para Games 2018, Inapgoc meminjam medali perunggu Paralimpiade 2016 yang didapat Ni Nengah Widiasih dari cabang olahraga angkat berat. "Jadi ide pembuatan medali ini dari Wakil Sekretaris Jenderal Inapgoc Ferry Kono, CEO Asian Paralympic Committee Tarek Souei dan meminjam milik Ni Nengah untuk memastikan apa lagu yang ada di dalamnya," jelas Fanny.

4. Butuh waktu empat bulan untuk membuatnya
Medali yang terbuat dari besi solid dengan lapisan emas, perak, serta perunggu untuk Asian Para Games 2018 dibuat dalam waktu empat bulan dengan beberapa revisi. Pembuatannya dilakukan di Guangzhou, Tiongkok.

5. Ada huruf braille
Selain ada logo Asian Para Games 2018 dan logo APC, di medali Asian Para Games 2018 juga ada kalimat "Inspiring Spirit and Energy of Asia". Medali ini pun disediakan dengan huruf braille untuk para penyanang tunanetra.

Desain medali Asian Para Games 2018 ini benar-benar unik ya ladies. Sekarang, mari kita doakan semoga atlet-atlet terbaik Indonesia bisa menorehkan prestasi gemilangnya di ajang istimewa ini.





(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading