Sukses

Lifestyle

3 Ritual Menyambut Haid Pertama di Berbagai Negara yang Unik Banget

Bagi kebanyakan wanita, awal menstruasi merupakan moment yang cukup mengesankan namun tak jarang juga membingungkan. Sebagai tanda dari kedewasaan seorang wanita, tidak sedikit orang percaya bahwa ada hal-hal unik dan tak biasa yang harus dilakukan seseorang demi menyambut awal menstruasi atau haid pertama di hidupnya.

Melansir dari laman merdeka.com, hampir seluruh budaya yang ada di muka bumi menganggap menstruasi pertama sebagai fase paling penting. Mengingat akan kepentingan ini, tidak sedikit orang yang akan melakukan ritual khusus dan tak biasa demi menyambutnya. Beberapa ritual bahkan sangat ganjil, cenderung menyiksa dan tidak masuk akal untuk dilakukan.

Apa saja ritual tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Lari Menuju Matahari Terbit
Ritual pertama yang dilakukan adalah lari menuju matahari terbit. Ritual ini dilakukan oleh suku pribumi di Amerika bagian utara yang sering dikenal sebagai Suku Navajo & Apache. Gadis yang mendapati dirinya haid untuk pertama kali, ia harus lari menuju matahari terbit.

Ia juga harus bangun sebelum matahari terbit. Saat berlari, para gadis di suku ini harus lari dengan sekencang-kencangnya dengan memakai pakaian tradisional yang terbuat dari kulit yang berat.

Berendam di Laut
Ritual selanjutnya yang unik untuk menyambut haid pertama adalah berendam di air laut. Ritual ini dilakukan oleh suku Nootka yang mendiami wilayah di Kepulauan Vancouver. Gadis muda yang mendapati haid pertamanya dibawa ke laut oleh wanita tertua di suku ini. Gadis itu harus berendam di dalam air laut dengan kondisi telanjang, saat haid dan selama beberapa hari.

Ini dilakukan demi menguji ketahanan fisik si gadis yang siap menjadi wanita dewasa. Karena berendam di air laut cukup lama, sebagian besar gadis yang menjalani ritual ini kondisinya sangat lemah dan nyaris tak bisa berdiri di akhir ritual. Meski begitu, mereka bisa kembali hidup normal dan lebih baik ke depannya.

Mengusap Muka dengan Celana yang Terdapat Noda Darah
Di Filipina, ada mitos yang menyebutkan jika mengusap wajah dengan celana yang terdapat noda darah bisa menjauhkan masalah kulit seperti jerawat. Karena mitos inilah, tidak sedikit ibu yang mengambil celana anaknya yang sedang haid kemudian membasahi celana tersebut dan mengusapkannya ke wajah sang anak.

Itulah sedikitnya 3 ritual menyambut haid pertama di berbagai negara di dunia yang unik dan bikin geleng kepala. Selain ritual di atas, ada ritual lainnya seperti menggenggam kapas terbakar, digigiti semut beracun, mencuci buah beri hingga dikubur dalam pasir. Kalau di tempat kamu, adakah ritual untuk menyambut haid pertama?



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading