Sukses

Lifestyle

Nyanyikan 'Indonesia Raya' di Asian Games 2018, Tulus Ungkapkan Perasaannya

Pada pembukaan Asian Games 2018 ada banyak momen yang memukau. Salah satunya adalah momen pengibaran bendera merah putih yang diiringi lagu Indonesia Raya. Tulus pun diberi kesempatan untuk memimpin menyanyikan lagu Indonesia Raya diiringi oleh Purwacaraka Choir. Menyanyikan lagu kebangsaan di sebuah perhelatan akbar, Tulus pun mendapatkan pengalaman dan kesan yang tak terlupakan.

Tulus menceritakan dirinya sangat terharu dengan pengalaman tersebut. "Oh iya dengan bangga saya meneteskan air mata karena kemarin saya merasa sangat-sangat terharu sekali bernyanyi di depan sekian puluh ribu orang Indonesia dengan berbagai latar belakang, daerah asal, tetapi kita menyanyikan satu lirik yang sama dan itu buat saya sangat indah sekali. Saya berusaha untuk tidak meneteskan air mata tapi nggak bisa," ungkapnya ketika ditemui KapanLagi.com pada hari Minggu (19/8).

Tulus./Copyright KapanLagi.com/Agus Apriyanto

Tak bisa dipungkiri kalau Tulus juga merasa gugup. Bernyanyi tanpa diiringi musik sempat membuatnya deg-degan. Sungguh jadi sebuah tantangan besar baginya menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan penuh penjiwaan.

"Biasanya saya kalau mau nyanyi dengan diam sebentar, istirahat sebentar udah cukup tenang tapi kemarin beda sekali. Dari siap-siap, perjalanan ke atas panggung yang tinggi sekali itu, saya nggak bisa menghilangkan kegugupan saya. Mungkin karena saking bersejarahnya lagunya. Energi dari semua penonton yang bernyanyi menghormati bendera itu yang membuat jalan lancar," ceritanya lagi.

"Lagu kebangsaan Indonesia Raya merupakan lagu tersakral yang negara ini punya. Ketika dapat kesempatan bisa menyanyikan lagu itu tanggung jawabnya besar ya," katanya. Di sepanjang kariernya, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia menjadi momen yang terindah walau tak bisa dipungkiri sempat ada beban juga yang dirasakannya. "Saya bukan takut tapi lebih ke beban. Nolak sih nggak, ditawarin aja bersyukur. Saya nggak pernah kebayang bisa nyanyiin lagu Indonesia Raya, menjadi pembuka salah satu pesta olah raga terbesar kedua di dunia dan dalam sejarah adalah pesta olahraga dengan jumlah atlet terbanyak saya bangga banget," pungkas Tulus.

Terima kasih Tulus sudah menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan begitu indah di pembukaan Asian Games 2018. Momen tersebut tak hanya berkesan bagi Tulus tapi juga pastinya bagi seluruh rakyat Indonesia.

Bagi yang menyaksikan acara pembukaan Asian Games 2018 pasti masih ingat betul momen yang begitu syahdu juga sakral ketika lagu Indonesia Raya dikumandangkan. Setelah bendera berkibar, para penonton kemudian dihimbau untuk mengheningkan cipta sejenak mendoakan korban bencana alam di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading