Sukses

Lifestyle

Snacking Setelah Olahraga Juga Ada Triknya, Apa Itu?

Rasanya menjalankan hidup sehat memang akan lebih sempurna jika diimbangi dengan olahraga. Bukan saja mampu membakar sejumlah kalori dalam tubuh, agar tak menumpuk menjadi lemak. Olahraga juga berkontribusi untuk meningkatkan daya tahan tubuh supaya tidak gampang sakit.

Di sisi lain, olahraga lumayan menguras banyak energi. Wajar jika setelah olahraga biasanya perut langsung terasa lapar. Namun, pemilihan makanan ini juga penting diperhatikan, termasuk urusan ngemil. Tujuannya agar olahraga yang dilakukan tidak terkesan sia-sia.

Nah, supaya snacking yang dilakukan setelah olahraga lebih tepat, Ladies berikut ini trik pintarnya.

Jangan Hanya Makan Protein

© pixabay

Protein memang berguna untuk memperbaiki jaringan otot yang rusak selama berolahraga. Hanya untuk memulihkan energi dalam tubuh sepenuhnya, mengonsumsi protein saja tidaklah cukup. Sebaliknya, ahli diet kesehatan dari Mayo Clinic, Emily Brown, RD, menyarankan agar mengonsumsi protein dan karbohidrat pasca olahraga secara seimbang.

Ia mencontohkan apabila sesi olahraganya kurang dari satu jam, cukup mengonsumsi camilan sebesar 150-200 kalori, seperti buah-buahan atau selembar roti gandum dengan selai kacang. Sementara, bilamana sesi olahraganya lebih dari satu jam bisa snacking dengan camilan serupa energy bar.

(c)IntiGandum

Salah satu camilan yang cocok untuk snacking setelah olahraga adalah sandwich gandum madu dari Inti Gandum. Paduan gandum dan madu dalam bahan bakunya, membuat sandwich gandum madu tersebut dapat membantu mengembalikan energi selepas berolahraga. Apalagi kemasannya juga praktis, serta bisa dinikmati di manapun dan kapanpun, sehingga cocok untuk menunjang diet sehat yang sedang dijalani. Selain Honey Banana, sandwich gandum madu Inti Gandum juga tersedia dalam varian rasa Chocolate, jadi tak perlu khawatir bosan menikmati sandwich gandum madu Indofood Inti Gandum yang diproduksi dari Indofood.

Jangan Lupa Minum Air Putih

© pixabay

Selain memilih camilan yang tepat, tubuh juga perlu asupan cairan usai berolahraga agar tak sampai mengalami dehidrasi. Minumlah air putih sesegera mungkin, terlebih setelah melakukan olahraga. Aturan sederhananya adalah minum ¼ liter air sebelum ngemil, usai berolahraga. Cara tersebut untuk memastikan apakah lapar, atau sekadar haus. Di samping itu, hasil penelitian dari University of North Carolina mengungkapkan orang yang minum delapan gelas air sehari cenderung makan 200 kalori lebih sedikit daripada yang kurang minum. Cukup efektif untuk mempertahankan diet sehat, kan?

Jangan Buru-Buru Makan Berat

© pixabay

Di Indonesia definisi snacking mungkin masih bias, terlebih bagi orang yang punya kebiasaan kerap lapar sebelum makan nasi. Bisa-bisa yang dimakan setelah olahraga adalah bakso. Padahal, aturan snacking yang benar usai olahraga adalah supaya tidak buru-buru makan berat. Berilah jeda waktu minimal 30 menit selesai berolahraga. Baru setelah itu awali dengan camilan sehat, seperti sandwich gandum madu dari Inti Gandum.

Sekalipun tampak sepele, ternyata jeda waktu tersebut mampu memberikan rasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, saat jam makan tiba, kamu tak sampai kalap makan akibat kelaparan usai berolahraga. Hasil akhirnya, olahraga yang kamu lakukan bakal berguna untuk diet sehatmu, Ladies.

(vem/ayu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading