Sukses

Lifestyle

Tips Liburan Hemat ke Jepang

Seorang traveler pasti mendambakan biaya traveling yang murah meriah demi menghemat pengeluaran. Namun tidak bisa dipungkiri, traveling memang menghabiskan banyak biaya. Terutama jika destinasi pilihannya negara dengan biaya hidup mahal seperti Jepang.

Jika dibandingkan dengan Indonesia, biaya hidup di Jepang termasuk tinggi. Untuk makan saja harus menyediakan uang sekitar Rp 3 jutaan untuk 7 hari. Belum ditambah biaya tiket pesawat dan akomodasi ya.

Tapi jangan khawatir, Reservasi.com punya beberapa tips liburan hemat ke Jepang. Semoga dengan tips berikut, perjalanan kalian menjadi berkesan meskipun dengan budget pas-pasan.

1. Pantau harga tiket pesawat sesering mungkin

Kendala saat ingin liburan adalah harga tiket yang sangat mahal. Bayangkan saja, untuk penerbangan pulang-pergi dari Jakarta-Tokyo saja menghabiskan Rp 8 jutaan. Ditambah biaya lain-lain mungkin akan menghabiskan Rp 15 jutaan untuk sekali liburan.

Untuk mendapat harga tiket murah, kalian bisa memantau harga tiket pesawat sesering mungkin. Pantau di Reservasi.com ya karena ada banyak promo tiket menarik yang bisa kalian manfaatkan!

2. Cari penginapan yang murah tapi nyaman

Perburuan kalian belum berakhir. Setelah berburu tiket pesawat, kalian juga harus bersaing dengan traveller lainnya untuk mendapatkan penginapan murah. Tak mudah lho mendapatkan penginapan yang cocok dan sesuai dengan selera.

Saat traveling ke Jepang, kalian bisa menginap di hostel terbaik dengan harga yang sangat bersahabat. Harga menginap sangat bervariasi, mulai dari 1.000 – 3.500 Yen atau sekitar Rp 130 ribu – Rp 450 ribuan per malam.

3. Gunakan transportasi antar kota

Jepang termasuk negara yang memiliki sistem transportasi terbaik di dunia. Manfaatkan transportasi antar kota untuk mengelilingi kota-kota yang ada di Jepang. Ongkos transportasi di Jepang terbilang mahal, tetapi kalian bisa menggunakan JR Pass agar bisa lebih menghemat budget.

Harga yang dibayar di awal berkisar 29 ribuan Yen atau setara dengan Rp 3,5 jutaan untuk 7 hari. Tetapi akses yang kalian dapatkan unlimited. Kalian bisa merambah kota-kota di Jepang dengan cepat naik kereta peluru Shinkansen dan KRL yang masih terhubung dengan JR Pass. Pokoknya nggak rugi deh!

4. Hindari berburu kuliner di restoran

Harga makanan Jepang bisa dibilang cukup mahal. Namun, kalian bisa menemukan beberapa tempat makan murah yang enak di convenient store dan Depachika. Menu makanan yang disajikan di sini tidak kalah enaknya dengan yang ada di restoran.

Ada onigiri, salad, sushi dan bento seharga Rp 35.000 / paket. Murah kan? Intinya kalau mau kuliner hemat, jangan pergi ke restoran karena harganya dua kali lipat lebih mahal dibandingkan convenient store.

5. Memanfaatkan tempat wisata gratis

Lagi cari tempat liburan gratis? Banyak! Kalian bisa pergi ke kuil-kuil yang ada di Jepang tanpa dipungut biaya apapun. Kuil ini tidak kalah bagusnya dengan tempat wisata yang berbayar. Kalian bisa berfoto ria dan tetap eksis di sosial media.

Oh ya, jangan lupa mampir ke kantor Bandai Asasuka di Jepang ya! Di sini, kalian berkesempatan untuk berfoto dengan tokoh Doraemon, Sangokou dan patung Gundam raksasa. Nggak perlu bayar, gratis!

6. Bertanya-tanya ke orang lokal

Tips liburan hemat ke Jepang yang tidak kalah penting adalah bertanya ke orang lokal. Masyarakat Jepang ramah tamah kok, kalian nggak perlu takut kalau mau tanya-tanya.

Kalian bisa menanyakan berbagai tempat wisata yang murah meriah kepada masyarakat lokal. Rekomendasi yang diberikan pasti bagus dan nggak bikin kantong kalian robek. So, no worries ya!

Selamat liburan!

 

(vem/ayu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading