Sukses

Lifestyle

Diguncang Gempa, Masjid Berusia 3 Abad di Lombok Tetap Berdiri Kokoh

Sejak beberapa waktu terakhir pulau Lombok terus menerus diguncang gempa. Yang terparah adalah pada Minggu malam, 5 Agustus 2018 di mana kekuatan gempa mencapai 7,0 skala richter. Ratusan nyawa melayang akibat gempa ini, ribuan lainnya terluka dan ratusan ribu berada di camp pengungsian. Banyak rumah dan bangunan juga roboh bahkan rata dengan tanah.

Namun, ada masjid yang tetap berdiri kokoh di Lombok. Masjid ini merupakan masjid kuno yang diperkirakan telah berdiri selama 300 tahun terakhir. Melansir dari laman merdeka.com, masjid ini adalah Masjid Bayan Beleq. Ini merupakan masjid yang berada di Kampung Adat Bayan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Masjid Bayan Beleq di Lombok Utara/copyright instagram.com/muhammad.mk

Masjid yang berjarak 80 km dari ibu kota NTB sama sekali tidak mengalami kerusakan yang berarti. Hanya bagian pagar yang terlihat berserakan. Masjid Bayan Beleq sendiri memiliki pondasi yang terbuat dari susunan batu. Dindingnya anyaman bambu, atapnya berasal dari bambu dan ditutupi ijuk. Masjid ini berdiri kokoh di atas gundukan sebuah bukit kecil di Kampun Adat Bayan.

Selain masjid Bayan Beleq yang tetap berdiri kokoh, rumah warga di sekitar masjid juga tetap berdiri kokoh meski telah diguncang gempa berkekuatan dahsyat. Raden Kertamaji, penjaga rumah adat setempat mengatakan, "Alhamdulillah tidak ada yang rusak. Ini pagar temboknya sedang dibersihkan."

Masjid Bayan Beleq/copyright instagram.com/muhammad.mk

Dari beberapa laporan yang ada, Kampung Bayan adalah kampung yang menjadi gerbang masuknya Islam di tanah Lombok. Di Bayan inilah agama Islam mulai diperkenalkan. Sementara masjid Bayan Beleq, banyak yang mengatakan bahwa masjid ini adalah masjid pertama yang didirikan di tanah Lombok.

Teruntuk saudara-saudara kita di Lombok dan sekitarnya, semoga selalu dalam lindunganNya. Semoga gempa yang ada segera berakhir dan semuanya bisa beraktivitas seperti sedia kala tanpa rasa takut, cemas maupun waspada.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading