Sukses

Lifestyle

7 Arti Mantra dalam Kisah Harry Potter

Kisah penyihir Harry Potter memang telah berhasil membius jutaan penduduk dunia. Novel dan filmnya digemari oleh banyak orang dan jadi  film sihir terlaris sepanjang masa.

Dunia sihir pasti akrab dengan mantar. Nah, dalam serial Harry Potter sendiri terdapat banyak sekali mantra yang diucapkan. J.K. Rowling selaku pengarangnya ternyata terinspirasi membuat mantra-mantra tersebut dari bahasa Latin. Wah, apa saja sih arti dari tujuh mantra populer di novel ini?

Accio

Mantra ini merupakan modifikasi dari kata  'accerso'. Dalam bahasa Latin, kata 'accerso' dapat diartikan sebagai memanggil atau mengambil. Mantra ini digunakan untuk mengambil sesuatu.

Confundo

Mantra ini untuk membingungkan lawan. Confundo adalah konjungsi orang pertama dari kata kerja Latin 'confundere'. Awalan dari mantra ini yaitu 'con' berarti bersama-sama, sedangkan akhirannya yaitu 'fundo' memberikan arti mencampuradukkan. Oleh karena itu, apabila digunakan secara bersama-sama, mantra ini dapat mencampuradukan pemikiran atau membingungkan lawan.

Crucio

Mantra ini dipakai untuk menyiksa seseorang.  Mantra ini juga merupakan salah satu kutukan yang tidak termaafkan sehingga yang mencoba-coba menggunakannya akan dihukum mati. Mantra ini berasal dari kata 'cruciare' yang berarti menyalib atau menyiksa.

Imperio

Yang satu ini juga termasuk kutukan yang tak termaafkan. Mantra ini berfungsi untuk memerintahkan atau mengontrol penyihir lainnya. Imperio berasal dari kata 'imperium' yang berarti saya memerintahkan.

Lumos

Mantra yang ini cukup populer. Mantra ini berasal dari bahasa Latin yaitu 'lumen' yang dapat diartikan sebagai cahaya. Mantra yang satu ini berfungsi untuk menyalakan cahaya pada ujung tongkatnya.

Expelliarmus

Mantra ini terbentuk dari dua suku kata. Bagian pertama berasal dari kata Latin 'expellere' yang berarti mendorong atau memaksa keluar. Sedangkan yang kedua adalah 'arma' diterjemahkan menjadi senjata. Mantra ini digunakan untuk melucuti senjata lawan.

Wingardium Leviosa

Kamu yang suka dengan serial ini pasti akan langsung teringat pada Ron Weasley dengan Harmione Grenger pada novel pertama. Mantra ini digunakan untuk menerbangkan suatu objek. Mantra ini terdiri dari beberapa kata, seperti 'ard' dari 'wingardium' kemungkinan berasal dari bahasa Latin 'arduus' yang berarti curam atau tinggi. Selain itu, 'levi' dari 'leviosa' juga dapat diartikan mengangkat.

Sumber: Liputan6.com

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading