1. VEMALE
  2. /
  3. RAGAM

Tak Sehat Lagi, Ini Tanda Sebaiknya Kamu Mengakhiri Pertemanan yang Negatif

Jum'at, 10 Agustus 2018 14:51 Penulis: Rohmitriasih
copyright pexels.com/rawpixel.org

Vemale.com - Sebuah hubungan yang semula baik-baik saja bisa berakhir begitu saja. Tak hanya hubungan dengan pasangan, berakhirnya hubungan ini juga bisa terjadi di dalam lingkup keluarga serta pertemanan. Ya, tidak sedikit orang yang akhirnya memutuskan atau mengakhiri hubungan pertemanannya karena alasan tertentu.

Yang pasti, saat hubungan pertemanan ini berakhir, nyaris tak ada lagi komunikasi di antara seseorang tersebut dengan temannya. Melansir dari laman bravotv.com, berakhirnya hubungan pertemanan bisa terjadi karena banyak hal. Mulai dari kurangnya perhatian teman, salah paham, iri atau dengki antara satu dengan lainnya dan juga pertemanan yang ternyata membawa dampak negatif dalam diri.

Ada beberapa pertemanan yang ternyata membawa dampak tidak sehat baik buat fisik maupun psikis seseorang. Jika sudah begini, sebaiknya akhiri pertemanan ini. Menuru Psychology Today, ketika kita mulai menghindari panggilan, mengabaikan pesan, dan sering membatalkan rencana bersama, ini tandanya hubungan tersebut harus segera diakhiri.

Jika teman-temanmu membawa dampak negatif padamu baik itu dampak fisik, psikis maupun finansial, alangkah baiknya untuk mengkaji ulang pertemanan ini. Apakah harus dilanjutkan, dibatasi atau justru diakhiri.

Para ahli mengungkapkan jika di dalam sebuah hubungan pertemanan kamu tidak merasa nyaman, tidak suka dengan diri sendiri, tidak bisa menjadi dirimu apa adanya, pertemanan itu membawa banyak dampak negatif bagi kamu maupun mereka, ini menunjukkan bahwa pertemanan ini sudah saatnya diakhiri. Saat kamu tidak bisa menerima dirimu sendiri, ini tanda bahwa sudah waktunya kamu memikirkan lagi bagaimana kelanjutan pertemanan ini.

Untuk mengakhiri hubungan pertemanan, kamu tidak harus menolak panggilan, pesan atau pun komunikasi dengan mereka tanpa alasan jelas. Tetap miliki komunikasi yang baik, jujurlah dengan apa yang kamu rasakan dan ungkapkan apa yang ingin kamu ungkapkan ke temanmu.

Mengakhiri pertemanan bukan berarti harus menolak semua hal tentang mereka. Tetap introspeksi diri dan temukan apa yang membuat pertemanan ini perlu diakhiri atau setidaknya cukup dibatasi.
Sumber: Liputan6.com

(vem/mim)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Persahabatan
  2. Tips
9 Atlet Ganteng & Cantik Indonesia yang Berlaga di Asian Games 2018