Sukses

Lifestyle

5 Kisah Inspiratif yang Bikin Kamu #BeraniUsaha

Pernah nggak sih kamu berniat memulai usaha, tapi justru tidak kunjung terealisasi? Hal ini sering kali terjadi karena rasa ragu, kurang percaya diri dan juga kurangnya dukungan dari lingkungan sekitar. Tapi, tahukah kamu jika para pebisnis lainnya juga menjalani tantangan yang tidak mudah dalam memulai usahanya?

Dalam rangka merayakan Hari UMKM Nasional yang jatuh setiap tanggal 12 Agustus, LOKAmedia mengangkat 5 kisah inspiratif dalam memulai usaha. Simak ceritanya yuk, siapa tahu kamu jadi terinspirasi dan makin semangat untuk #BeraniUsaha.

Hertati Latief Natasuminta, Memulai Usaha di Usia 60 Tahun

Ibu Hertati Latief Natasuminta yang terbiasa produktif di masa muda sempat kebingungan saat harus pensiun dan menyelesaikan masa baktinya sebagai akademisi. Berpangku tangan bukan pilihan, sebab Ibu Hertati punya semangat berkarya yang tidak mudah untuk serta-merta padam, bagaimanapun situasinya. Akhirnya, di usia 60, Ibu Hertati Latief Natasuminta dengan semangat pantang menyerah terus produktif dan berinovasi memulai bisnisnya sendiri.

Ade Sulistyo Oktariandi, Karyawan yang Keluar Zona Nyaman Jadi Pengusaha

Bekerja keras untuk sebuah perusahaan IT membuat Ade Sulistyo Oktariandi kehilangan banyak momen kebersamaan dengan keluarga. Banyak melewatkan tumbuh kembang anak karena jam kerja lembur yang menyita waktu membuat Ade mengambil keputusan dengan mantap untuk keluar dari zona nyaman, memperjuangkan kemandirian melalui usaha sendiri agar punya kendali atas waktu kerja, sehingga bisa berkumpul bersama keluarga lagi.

Ibu Melati Dewi, Single Mom yang Buka Usaha Sendiri

Ibu Melati mendadak harus berjuang sendirian menjadi sumber nafkah utama untuk membiayai kebutuhan dan merawat anak, mulai dari menuntunnya dalam pendidikan hingga memperhatikan nutrisinya sehari-hari. Peran ganda ini justru menuntun dia hingga memiliki perhatian pada gaya hidup sehat, karena menurutnya, “It takes a healthy mom to be a super mom.”

Rifky , Sarjana yang Tak Malu Lanjutkan Bisnis Kerupuk Keluarga

Sebagai seorang anak dari pedagang kerupuk membuat Rifky sering diejek sejak kecil. Ejekan yang terus terngiang di telinganya menciptakan citra yang tidak membanggakan tentang industri tersebut. Hingga suatu hari, Rifky tersadar, usaha tersebutlah yang mengantarkannya hingga lulus pendidikan perguruan tinggi. Akhirnya, Rifky turun tangan meneruskan usaha pabrik kerupuk tersebut hingga kini Ia ikut menjaga nyala obor usaha tiga generasi.

 Aries Raka Pratama, Bangkit Berwirausaha Setelah di-PHK

Mengalami PHK secara mendadak membuat Aries Raka Pratama kecewa hingga kehilangan semangat untuk berjuang. Pergumulan batinnya cukup lama hingga akhirnya Ia mampu mengalahkan emosi, mengesampingkan ego dan dengan mantap melangkahkan kaki untuk memulai usaha sendiri. Aries Raka Pratama dengan semangat juang yang pantang menyerah berhasil mengalahkan kekecewaan dan ketakutan untuk memulai kembali.

Gimana, kisah kelimanya berhasil mengetuk hatimu untuk #BeraniUsaha? Jangan ragu untuk memulainya, Ladies. Yuk jadi bagian dari usaha UMKM untuk ikut serta dalam meningkatkan taraf hidup bangsa. Kisah lengkap dari kelima orang di atas bisa kamu tonton selengkapnya di sini. Semoga terinspirasi!

(vem/ayu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading