Sukses

Lifestyle

6 Cara Agar Kamu Tidur Nyenyak Saat Perjalanan Menggunakan Kapal Pesiar

Bagi kamu yang berencana berlibur di kapal pesiar. Ada baiknya untuk mengetahui bagaimana cara menikmati tidur nyenyak saat berlayar.

Dalam acara yang dilangsungkan Princess Cruises baru-baru ini, Dr. Michael Breus memberikan tips bagaimana cara menikmati tidur nyenyak pada saat liburan berpesiar atau berlayar.

“Mengambil cuti dari kantor dan menjauh dari ketegangan sehari-hari mungkin tampak menakutkan, tetapi justru sangat penting untuk memberi waktu pada diri sendiri dengan beristirahat dengan berpesiar atau berlayar. Perlu diingat bahwa tidur adalah pengalaman indera, dan kelima indera harus dipersiapkan untuk tidur, agar kegiatan tidur bisa hadir dengan mudah dan nyenyak sepanjang malam,” kata Dr Breus.

Berikut bagaimana kamu bisa tidur nyenyak dalam perjalanan, menurut Dr Breus.

1. Miliki jadwal tidur dan bangun yang konsisten

Atur jadwal tidur yang masuk akal untuk diri sendiri, menggunakan waktu lokal – termasuk waktu tidur dan bangun. Rencanakan waktu tidur yang sama yang didapatkan di rumah – tidak lebih dan tidak kurang. Menjaga rutinitas tidur yang konsisten tidak berarti tidak bersenang-senang saat liburan. Ada fasilitas untuk makan larut malam dan berlabuh pagi hari jika tetap dengan jadwal tidur-bangun konsisten.

2. Jangan terlalu banyak konsumsi makanan dan minuman

Hal yang paling diidamkan saat bepergian adalah santap kuliner nikmat. Manjakan diri dengan mencicipi berbagai hidangan yang disajikan oleh Princess Cruises, namun tentu jangan berlebihan.

3. Makan pada waktu yang tepat

Rasa lapar akan menganggu jadwal tidur. Jadwal makan yang terlalu dekat dengan waktu tidur pun akan mengganggu mutu dan jumlah istirahat. Carilah menu makanan yang dapat mengantar tidur lebih mudah dan juga nikmati layanan menu kamar di Princess Cruises.

4. Berhenti minum kafein pada pukul 2 siang

Atur konsumsi kafein seperti pada saat berada di rumah. Hindari minum kafein 8 jam sebelum tidur (biasanya pukul 2 siang waktu setempat) dan minum kafein secukupnya pada siang hari (6-8 ons)

5. Fisik aktif

Tetap aktif dapat membantu mempercepat transisi tubuh dan membantu proses menuju tidur lelap. Atur waktu agar tetap aktif secara fisik dengan cara konsisten, banyak pilihan saat berada di Princess Cruises, tamu dapat mengikuti kelas Yoga yang tenang atau kelas Zumba yang penuh semangat. Hindari olahraga 3 hingga 4 jam sebelum tidur karena dapat menstimulasi pikiran dan memberikan energi pada tubuh, sehingga tidur menjadi sulit.

6. Bersantai sebelum tidur

Pilih kegiatan santai, seperti mandi air hangat atau membaca buku agar lebih mudah tertidur. Jika suka membaca, pilihlah buku kertas karena gadget buku digital memancarkan cahaya yang akan menstimulasi otak sehingga tetap terjaga.

(vem/asp)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading