Sukses

Lifestyle

8 Merek Kriya Indonesia Siap Diburu di New York Now 2018

Segala kerajinan yang berbahan kayu, logam, kulit, kaca, keramik, dan tekstil, masuk kategori sub sektor yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia, yaitu kriya. Di Indonesia pelaku kreatif kriya jumlahnya sekitar 8,2 juta dengan sebaran paling banyak di Pulau Jawa.

Dari banyaknya pelaku kreatif, hanya delapan jenama atau merek lokal tanah air yang berhasil lolos seleksi dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), yaitu Sackai Bags, Siji, Kana Goods, Noesa, Kayou, Pala Nusantara, Jenggala, dan Indo Risakti.

"Keikutsertaan kita (Indonesia) bukan memberangkatkan orang sembarangan. Mereka yang berangkat ke Amerika Serikat adalah para peserta atau pelaku kreatif yang sudah dikurasi dengan hati-hati oleh tim kurator," jelas Kepala Bekraf Triawan Munaf dalam konferensi persnya di Jakarta, Rabu (1/08).

Copyright Vemale

Triawan menjelaskan, delapan merek terpilih dijaring melalui metode open call dari ratusan produk yang mendaftar dan memenuhi kriteria New York Now 2018.

Lalu apa saja kriteria pemilihan para pelaku kreatif tersebut? Diana Natzir, kurator New York Now 2018 ternyata memiliki beberapa kriteria penilaian, yaitu:
1. Originalitas, desain asli Indonesia, bukan imitasi atau replika.
2. Produk handmade harus berkarakter Indonesia.
3. Bahan yang digunakan asli Indonesia
4. Bertanggungjawab terhadap alam dan lingkungan hidup
5. Karya harus mencerminkan tren masa kini.

Selain itu, karya yang ditawarkan juga harus memiliki latar belakang cerita tentang produsen dan produk. "Wajib mencantumkan nama desainer atau kreator sebagai bukti bahwa Indonesia juga melahirkan talent kreatif," jelas Diana.

Para pelaku kreatif terpilih juga harus mencantumkan deskripsi singkat, mengenai konsep desain karya. Misalnya mempekerjakan masyarakat setempat, ramah lingkungan, dan lainnya, sehingga merek itu bisa memberikan nilai tambah dari para kurator.

Untuk diketahui, New York Now 2018 merupakan pameran dagang internasional yang fokus menampilkan produk dari sub sektor kriya. Acara rutin tahunan ini siap digelar di Jacob Center dan berlangsung selama empat hari, 12-15 Agustus 2018.

Lebih dari 24 ribu industri retail dan ratusan ribu produk kriya dari berbagai negara akan ditampilkan di pameran tersebut. Kita doakan semoga bakal ada lebih banyak produk dari Indonesia yang bisa mendunia ya ladies.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading