Sukses

Lifestyle

Kenali 4 Metode Coffee Brewing Pilihan Para Pecinta Kopi

Maraknya kedai kopi di Jakarta membuat perubahan pada peningkatan peminum kopi di Indonesia. Jenis minuman yang berbahan dasar kopi pun kini beragam dan memiliki banyak pilihan bagi para penikmatnya. Bukan hanya jenis minumannya yang bervariasi, dalam dunia kopi jenis dan alat penyeduhannya juga beragam.

Untuk menyuguhkan secangkir kopi yang nikmat terdapat beberapa metode dalam pembuatannya. Ada yang dibuat dengan mesin kopi, juga ada yang dibuat dengan metode manual brewing (tanpa mesin). Bukan hanya satu alat, tetapi menyeduh kopi terdapat beberapa alat yang dapat menghasilkan rasa yang berbeda pula.

Lalu, apa saja ya alat yang digunakan untuk menyeduh kopi? Yuk, simak info berikut.

Mesin Espresso

 

Kamu tentu tidak akan asing dengan alat yang satu ini. Ya, mesin Espresso adalah metode penyeduhan kopi yang menggunakan mesin, Ladies. Di mana, mesin tersebut akan menghasilkan secangkir kecil Espresso yang menjadi bahan dasar dari berbagai minuman kopi, seperti; Americano, Cafe Latte, Cappuccino, serta beberapa minuman kopi lainnya. Rasa yang dihasilkan oleh mesin Espresso tentunya berbeda dengan penyeduhan kopi yang lainnya. Tergantung jenis kopi apa yang akan kita gunakan.

French Press

Termasuk dalam kategori Manual Brewing, French Press. Copyright: Otten Coffee

Alat yang satu ini termasuk dalam kategori manual brewing yang berarti penyeduhan kopi dilakukan tanpa menggunakan mesin seperti Espresso. Hanya dengan kopi yang sudah digiling sesuai dengan tingkat kehalusan yang dibutuhkan serta air panas dengan suhu yang pas, kamu bisa menikmati secangkir kopi nikmat dengan French Press. Bagi kamu yang ingin coba untuk menyeduh kopimu sendiri di rumah, French Press bisa menjadi pilihan yang tepat untuk pemula.

Drip V60

Termasuk dalam kategori Manual Brewing, Drip V60. Copyright: Otten Coffee

Jika kamu menginginkan rasa kopi yang lebih kuat, V60 adalah metode yang tepat. Bukan hanya rasa, aroma kopi pun akan terasa lebih kuat serta rasa yang dihasilkan juga memiliki karakteristik yang khas. Dengan menggunakan metode V60 tingkat keasaman pada kopi juga akan menurun bila suhu yang digunakan juga tetap terjaga.

Syphon

Termasuk dalam kategori Manual Brewing, Syphon. Copyright: Otten Coffee

Teknik yang satu ini terbilang cukup unik, di mana bentuk dari alat Syphon ini menyerupai tabung kimia. Prosesnya juga sangat berbeda dengan metode lainnya. Untuk Syphon bukan hanya menggunakan air panas saja, pada bagian bawah alat Syphon terdapat seperti kompor kecil untuk memanaskan air hingga menguap ke atas dan menyeduh kopi yang sudah digiling halus pada bagian atas tabung. Hampir sama dengan V60, tingkat keasaman pada kopi juga akan berkurang karena ada molekul yang dipanaskan.Ladies, kamu sekarang bisa sesuaikan rasa kopi yang kamu mau dengan metode pilihan yang tepat. Semoga bermanfaat untuk kamu para penikmat kopi.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading