Sukses

Lifestyle

Demi Keselamatan, 5 Hal Ini Pantang Dilakukan Saat Mengisi Baterai Ponsel

Di era modern seperti saat ini, ponsel atau gadget telah menjadi kebutuhan pokok setiap orang. Mulai dari orang dewasa, orang tua juga anak-anak nampaknya sudah tak asing lagi dengan yang namanya ponsel atau gadget. Meski begitu, pastikan untuk senantiasa bijak dalam menggunakan ponsel ya ladies. Jangan biarkan dirimu berlebihan dalam memakai ponsel sehingga berbahaya buat kesehatan.

Usahakan pula agar ponsel tidak digunakan secara sembarangan. Juga menyoal segala hal yang berhubungan dengan ponsel termasuk mengisi daya atau baterai ponsel, ini harus dilakukan secara bijak dan hati-hati. Melansir dari laman brilio.net, demi keselamatan kamu maupun orang-orang di sekitar, ada beberapa hal yang pantang dilakukan saat mengisi daya baterai ponsel.

Apa saja pantangan tersebut? Simak yang berikut ini.

Charge Baterai Semalaman
Jika kamu adalah tim yang suka ngecharge atau mengisi baterai ponsel saat malam hari, pastikan untuk tidak mengisi baterai selama semalaman penuh. Ini bisa berbahaya mengingat ponsel tersambung dengan aliran listrik. Ini juga bisa meningkatkan baterai cepat rusak dan komponen di ponsel mengalami masalah.

Meletakkan Ponsel di Atas Bantal atau Kasur
Hindari juga meletakkan ponsel di atas bantal atau kasur. Ini mengingat bahwa bantal atau kasur rentan terbakar. Padahal kita tahu, ponsel yang diisi baterainya menciptakan panas. Jika ingin lebih aman, isi baterai ponsel di atas lantai atau meja.

Hindari Penggunaan Charger Bajakan
Biasanya charger bajakan tidak sesuai dengan jenis ponsel kamu. Ini juga bisa berpengaruh buruk terhadap daya ponsel. Tidak sedikit kasus yang menunjukkan bahwa beberapa ponsel rusak akibat penggunaan charger bajakan.

Gonta-Ganti Charger
Sering ganti charger bisa jadi sangat sering kita lakukan. Mulai sekarang, hindari kebiasaan sering gonta-ganti charger. Kebiasaan ini bisa membuat ponsel rentan rusak. Ini juga bisa menyebabkan terjadinya gesekan pada colokan charge dan menyebabkan masalah tertentu.

Membiarkan Baterai Drop Hingga 0 Persen
Baterai ponsel umumnya memiliki batasan charge cycle atau maksimal berapa kali charge hingga performanya menurun. Jika kamu membiarkan baterai drop pada angka 0 persen, ini bisa meningkatkan risiko menurunnya performa ponsel.

Itulah beberapa hal yang pantang dilakukan saat mengisi baterai ponsel. Jika dari sekian hal di atas ada yang sering kamu lakukan, pastikan untuk tidak melakukannya lagi. Tak hanya demi menjaga keselamatan, ini juga sebagai langkah untuk menjadikan ponsel kamu lebih awet dan tetap maksimal performanya. Semoga informasi ini bermanfaat.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading