Sukses

Lifestyle

Tips Mengingat dan Membaca NIK e-KTP, Penting Ladies!

Ladies, ada tiga nomor yang harus dan wajib kamu hapal di luar kepala. Pertama, nomor telpon keluarga inti. Kedua, nomor rekening bank utama kamu. Dan yang ketiga adalah nomor induk kependudukan yang terdapat dalam eKTP yang kamu miliki. Memang bisa ya menghapal 16 angka dalam NIK e-KTP?

Sebenarnya mudah menghapal NIK e-KTP asal kamu mengetahui rahasia dari 16 angka tersebut. Misalnya NIK kamu 31-02-01-44-03-91-0001, cara mengetahui artinya adalah sebagai berikut:

  • 31: Mengacu pada kode provinsi. Menurut Permendagri No 39 tahun 2015, saat ini ada 34 provinsi yang terdaftar dalam Republik Indonesia.
  • 02: Kode kota/kabupaten, kamu bisa melihat kode kota kamu dalam laman ini
  • 01: Kode kecamatan, setiap kecamatan memiliki kode yang berbeda. Makanya saat kamu membuat e-KTP selalu dianjurkan untuk datang langsung ke kantor kecamatan masing-masing.
  • 44: Tanggal lahir. Nah, di sini ada perbedaan antara kode laki-laki dan perempuan . Kode untuk laki-laki adalah tanggal lahir 01-31. sedangkan untuk perempuan berbeda lagi, tanggal lahir ditambah 40, jadinya adalah 41-71. Jadi kalau kamu seorang perempuan yang lahir tanggal 12 maka kodenya adalah 40 + 12 yaitu 52.
  • 03: Mengacu pada bulan lagi, 01 untuk Januari hingga seterusnya 12 untuk Desember.
  • 91: Tahun lahir, ditulis dua angka terakhir. Seperti jika kamu lahir tahun 1991 maka hanya ditulis 91 saja.
  • 0001: Nomor komputerisasi, ini nomor random yang memang sudah diatur oleh komputer agar tidak kembar dengan yang lainnya.

Kode Propinsi di e-KTP/copyright spesial

Bagaimana ladies, sudah tidak merasa repot untuk menghapal NIK e-KTP kamu bukan? Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading