Sukses

Lifestyle

Hari Pertama Masuk Sekolah, Ini Pesan Mendikbud Untuk Para Orangtua

Hari ini adalah hari pertama bagi anak-anak atau pelajar untuk masuk sekolah. Setelah libur panjang, akhirnya anak-anak kembali ke bangku sekolah. Hari ini juga tahun ajaran baru dimulai dan anak-anak yang sebelumnya belum merasakan bangku sekolah baik di sekolah dasar, sekolah menengah pertama maupun atas akhirnya merasakannya.

Di hari pertama sekolah, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy meminta para guru untuk menyambut dengan baik siswa-siswi di sekolah. Mendikbud juga meminta para orang tua agar lebih memperhatikan buah hatinya yang masuk sekolah dan memasuki tahun ajaran baru.

Melansir dari laman Liputan6.com, Muhadjir Effendy mengatakan, "Mari kita menyambut putra-putri terbaik kita yang akan masuk sekolah. Para guru yang menjadi penentu berhasil tidaknya proses belajar mengajar. Buat orang tua, bahkan kalau bisa putra-putrinya diantarkan ke sekolah, dititipkan secara eksplisit kepada para gurunya."

Mendikbud, Muhadjir Effendy/copyright Liputan6.com/Herman Zakharia

Mendikbud menjelaskan bahwa orang tua berperan penting dalam proses pendidikan anak di sekolah maupun di rumah. Orang tua tidak bisa menyerahkan anak sepenuhnya ke guru menyoal pendidikannya karena orang tua juga penting menjadi guru bagi anak di rumah. Ia juga mengajak orang tua menciptakan ekosistem pendidikan yang kondusif demi hadirkan generasi bangsa dan sinergi yang baik antara sekolah, orang tua juga masyarakat secara luas.

"Orang tua sebaiknya ikut mengantar anak ke sekolah di hari pertamanya sekolah. Jangan sebatas mengantar di depan pintu gerbang. Tetap antar dan temui gurunya, ketahui apa yang dibutuhkan dan perlu dilakukan anak demi menunjang proses belajarnya," tambahnya.

Mendikbud juga berpesan ke orang tua maupun anak-anak yang baru masuk sekolah agar merasa bahagia dan gembira berada di sekolah. Pada dasarnya, sekolah adalah tempat yang sangat menyenangkan. Sekolah juga tempat yang bikin gembira.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading