Sukses

Lifestyle

Secara Sosial Orang Kaya Punya Hubungan Buruk dengan Sesama, Benarkah?

Manusia adalah makhluk yang akan selalu membutuhkan orang lain, bahkan jika ia mati. Oleh karena itu, tidak mengejutkan jika orang harus bisa bersosialisasi dengan baik, menjalin silaturahmi dan menjaga hubungan dengan sesama.

Tapi tahukah kamu bahwa ternyata ada jenis orang yang tidak bisa bersosialisasi dengan baik dengan orang lain?

Sebuah penelitian yang lakukan para ahli dari University of Waterloo menemukan bahwa orang kaya adalah orang-orang yang memiliki banyak kesulitan menjalin hubungan sosial. Dengan kata lain, mereka seringkali punya hubungan buruk dengan sesamanya.

Peneliti mengungkapkan bahwa orang kaya, di mana ia memiliki kelas sosial lebih tinggi, justru punya kemampuan rendah dalam hal menangani konflik intrerpersonal. Keterampilan sosial mereka rendah karena ada beberapa faktor yang mendasari hal ini, yaitu tidak dimilikinya perasaan dan empati terhadap orang lain.

Uang bukan jaminan bisa bersosialisasi dengan baik dengan sesama/copyright Shutterstock.com

Meskipun orang kaya kebanyakan memiliki tingkat pendidikan tinggi, tapi mereka tidak memiliki kebijakan sosial yang bisa mengakrabkan mereka dengan orang-orang di sekitarnya. Bukan hanya itu, orang kaya juga tidak dapat mengenali bahwa dunia terus berubah.

Kesombongan, sifat individualis dan 'merasa tinggi' adalah ganjalan yang membuat mereka 'jauh' dengan sesamanya, Mereka tidak bisa melihat berbagai situasi dan kondisi dengan tingkat kerendahan hati. Studi lain bahkan menemukan bahwa orang kaya sulit melakukan penalaran kebijaksanaan karena terbiasa berada di lingkungan orang kaya.

Orang kaya tentu punya kelebihan tersendiri, terutama dari segi uang atau harta dan status yang mereka miliki, namun mereka terbatasi dengan status itu sendiri. Lain hal dengan masyarakat kelas menengah ke bawah, yang justru lebih guyub dan memiliki rasa kebersamaan.

Nah, menurut kamu sendiri seperti apa nih ladies? Benar nggak sih orang kaya seperti itu?

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading