Sukses

Lifestyle

Pandu Laut, Langkah Bersama Mendorong Anak Muda Membela Laut Indonesia

Indonesia dengan kekayaan alamnya tidak bisa dielakkan lagi di dunia ini, terutama lautnya. Disebut sebagai negara maritim, laut di Indonesia berhasil mengambil hati para wisatawan dunia, baik lokal maupun mancanegara. Mengisi liburan dengan melakukan kegiatan di dalam laut, seperti diving juga bisa menjadi pilihan tepat, Ladies. Kamu bisa menikmati keindahan laut di Indonesia yang mungkin tidak akan kamu temukan di negara lain loh.

Namun bagaimana bila keadaan laut kita tercemari dengan sampah plastik ya, Ladies? Selain keindahannya, ekosistem di dalam laut pun juga akan terganggu. Maka dari itu diperlukan kerjasama dari berbagai pihak. Bukan hanya pemerintah yang bertanggung jawab untuk menjaga laut di Indonesia, tapi kita sebagai masyarakat juga harus ikut membantu, Ladies.

Dalam upaya menjaga laut yang ada, Susi Pudjiastuti yang selaku Menteri Kelautan dan Perikanan mengajak para masyarakat Indonesia dan juga para komunitas pecinta laut nusantara ikut berpartisipasi dalam melestarikan laut dan bersama secara bijaksana memanfaatkan potensi kelautan.

“Laut adalah legacy, oleh karena itu harus dipertahankan, dijaga dan diamankan. Saya dengan kapasitas dan kewenangan yang ada telah merebut kedaulatan di laut dari kapal-kapal pencuri ikan, namun ini batas masa baktinya, siapa yang akan terus jaga? Kita berharap pemerintah yang akan datang tetap jaga dan cinta laut kita dan jaga kedaulatannya. Dan kita butuh kerjasama terpadu antara Civil Society yang mencintai laut,” ucap Menteri Susi pada pernyataan tertulis yang redaksi Vemale dapat.

Saatnya berpartisipasi aktif menjaga laut nusantara./Copyright harmonilaut.id

Menurut Menteri Susi, bukan hanya kapal pencuri ikan yang terus menerus mengancam sumber daya laut Indonesia, sampah plastik juga menjadi ancaman utama laut Indonesia dan dunia. Sampah plastik yang tidak bisa ditenggelamkan bukan hanya mengotori laut  tetapi mengancam kesehatan kita dalam jangka panjang karena ikan-ikan akan memakan mikro plastik tersebut.

Dalam mencapai pemberdayaan laut seperti yang diharapkan, Menteri Susi mengusung salah satu solusi terbaik, yaitu gerakan Pandu Laut yang rencananya akan dicanangkan pada tanggal 15 Juli 2018. Menurut salah satu aktivis lingkungan, Bustar Maitar, gerakan Pandu Laut ini akan menjadi langkah bersama untuk mendorong anak muda untuk membela laut Indonesia.

Menjaga kekayaan negeri tercinta, Indonesia, harus diterapkan sedari dini, Ladies. Kesadaran untuk lebih bersih dan tidak mengotori laut juga harus ada dalam diri kita sendiri. Biar laut Indonesia tetap indah, yuk kita jaga bersama.




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading