1. VEMALE
  2. /
  3. RAGAM

7 Persiapan Rencanakan Pernikahan di Bali

Rabu, 11 Juli 2018 00:01 Penulis: Wuri Anggarini
(c) Tirtha Bridal

Vemale.com - Keindahan pulau Bali selalu membawa siapa saja untuk kembali. Bahkan, kini Bali tidak hanya menjadi destinasi wisata saja, tapi juga destinasi wedding dengan nuansa private. Tidak hanya pasangan dari Bali saja, ada banyak pasangan dari luar kota hingga mancanegara yang sengaja ingin melakukan pernikahan berlatarkan keindahan bali. Bagi kamu yang ada di bali sih mungkin biasa, tapi bagi yang berada di luar kota membutuhkan beberapa persiapan matang. Berikut ini adalah rangkaian persiapan untuk merencanakan pernikahan bagi yang tinggal di luar Bali.

Tamu yang Diundang

Mengadakan pernikahan di Bali sering kali dipilih agar mendapatkan suasana yang lebih private. Biasanya, calon pengantin hanya mengundang 50-200 tamu undangan saja yang terdiri dari keluarga dan teman terdekat. Namun, biasanya biaya tiket tamu undangan sudah ditanggung oleh pengantin. Biarpun tidak semuanya begitu, kamu dan pasangan harus merencanakan jumlah tamu yang diundang lalu disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Hal ini penting banget karena perlu merencanakan untuk jumlah katering dan juga penginapan yang dibutuhkan.

Wedding Planner

Mempersiapkan pernikahan bukanlah hal yang mudah. Apalagi, jika acara yang digelar berada di luar kota. Ada baiknya kamu dan pasangan menyewa jasa wedding planner untuk memberikan banyak opsi wedding vendor serta mengkoordinasi persiapan dengan anggota keluarga. Pasalnya, kamu dan pasangan juga akan nervous banget menghadapi hari H. Mencari vendor yang sesuai dan pas di hati itu juga nggak mudah, lho. Dengan bantuan wedding planner, kamu bisa tinggal pilih saja sesuai konsep yang diinginkan. Nggak perlu pusing mencari satu per satu lagi deh.

Perizinan

Bagi kamu dan pasangan yang ingin mengadakan pernikahan di Bali, harus mempersiapkan masalah perizinan juga. Mulai dari tempat diadakannya janji suci hingga jalannya pesta. Hal ini juga berkaitan dengan venue yang kamu inginkan. Misalnya saja acaranya di pinggir pantai, di hotel, vila dan lain sebagainya. Lebih baik, kamu memilih tempat yang juga menyediakan jasa wedding, sehingga bisa satu paket lengkap.

Pengurusan Berkas Pernikahan

Saat berencana menikah di luar kota, pastikan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan Kantor Catatan Sipil atau Kantor Urusan Agama (KUA) perihal berkas yang harus disiapkan. Diskusikan juga hal ini dengan wedding planner dan juga pihak penyelenggara agar pernikahanmu sah di mata hukum Indonesia.

Penginapan Keluarga

Membawa keluarga dan orang terdekat ke Bali bisa jadi tantangan tersendiri. Pasalnya, kamu dan pasangan juga harus menyiapkan tempat penginapan yang dekat dengan acara pernikahan berlangsung. Pastikan untuk memilih tempat yang nyaman, hitung jumlah tamu serta ketersediaan kamar di tempat yang disewa serta lokasi dengan jarak yang dekat dengan acara pernikahan.

(c) Tirtha Bridal

Layanan Katering

Untuk menjamu undangan yang sudah jauh-jauh datang ke Bali, kamu pastinya ingin memberikan hidangan yang istimewa. Layanan katering ini bisa disesuaikan dengan jam acara pernikahanmu. Misalnya, jika acara pernikahan diadakan sore hari, lebih baik mengadakan resepsi sambil makan malam. Nah, menu makan malam inilah yang menjadi acuan jenis hidangan yang perlu dipersiapkan. Misalnya, menu yang dipersiapkan adalah ala carte atau buffet. Pastikan layanan katering yang kamu pilih punya beragam menu istimewa yang memanjakan lidah para tamu ya.

Jasa Wedding Photographer

Keindahan Bali dan hari pernikahanmu harus diabadikan oleh jasa wedding photographer yang ahli di bidangnya. Untuk mempersiapkan hal ini kamu bisa mendiskusikannya dengan wedding planner atau mencari referensi sendiri yang sesuai dengan keinginan. Lebih baik pilih paket-paket pre-wedding sekaligus wedding yang biasa ditawarkan menjadi satu, karena harga yang bisa dibilang lebih terjangkau.

(c) Tirtha Bridal

Ada banyak hal yang harus dipersiapkan saat memutuskan untuk menikah di luar kota seperti di Bali. Terinspirasi dari keinginan sebagian besar orang untuk mengadakan pernikahan yang indah dan sakral di Bali.

(c) Tirtha Bridal

Tirtha Uluwatu menawarkan pengalaman pernikahan yang tidak akan pernah kamu lupakan seumur hidup. Dengan mengeksplorasi keindahan Bali, Tirtha Uluwatu siap menyediakan layanan wedding planner atau wedding assistants yang bisa mengurus segala keperluan pernikahan hingga hal yang paling detail dan ribet sekalipun. Mulai dari mengurus perijinan, layanan fotografi dan videografi profesional baik dari in-house yang terdiri dari warga negara Indonesia dan Jepang, hingga partner terkemuka seperti Axioo, Illuminen dll.

Tirtha Uluwatu juga menyediakan akomodasi vila eksklusif yang tersedia di Vila Tirtha maupun di Glass House. Fasilitas super lengkap bisa diperoleh para calon pengantin di sini, mulai dari bangunan yang indah dan eksotis sebagai saksi terucapnya janji suci. Terdapat pula fasilitas menginap yang indah nan ekslusive bagi pengantin dan tamu terdekat maupun day suite untuk pengantin, lounge area, powder room untuk para tamu serta spacious dinning area untuk 250 tamu.

Soal makanan dan bridal cake juga nggak perlu khawatir lagi, karena Tirtha Uluwatu mampu memberikan yang terbaik. Calon pengantin juga dijamin bisa tampil cantik di hari bahagianya karena mereka juga menyediakan jasa make up & hair by Japanese stylist dari Tokyo. Kejutan pernikahan seperti stationary dan giftaway untuk para tamu juga bisa di-provide lewat layanan profesional yang mereka hadirkan sendiri atau pun lewat kerja sama dengan vendor lain untuk menciptakan hari bahagia yang sesuai impian.

(c) Tirtha Bridal

Tirtha Uluwatu juga menyediakan konsep traditional wedding yang diselenggarakan di Glass House. Konsep terbaru ini memberikan kesan pernikahan yang tradisional, romantis dan sekaligus menjadikan keindahan Bali sebagai latarnya. Nuansa yang hangat ini menjadikan pernikahanmu makin berkesan.

(c) Tirtha Bridal

Kamu bisa mempercayakan para Tirtha Uluwatu untuk menjadi wedding planner untuk membuat pesta pernikahan yang tidak terlupakan. A to Z pernikahan dapat terorganisir dengan sempurna di Tirtha Uluwatu, deh! Yuk, ciptakan momen pernikahan sacral dan penuh kegembiraan dengan orang terdekat. Info lebih lengkap klik di sini.

(adv/ay/wri)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Advertorial
Suka Unggah Caption Lucu, Apa Alasan Ferry Salim?