Sukses

Lifestyle

Ladies Begini Cara Mudah Melindungi Data Pribadi Di Akun Media Sosial Kamu

Media sosial kini memang tidak bisa terlepas daya gaya hidup banyak orang. Banyak alasan dari mereka mengapa menggunakan media sosial, seperti media sosial merupakan platform yang paling tepat untuk terhubung dengan teman serta keluarga.

Namun, mudahnya data yang didapatkan di media sosial, membuat kita sebagai pengguna harus senantiasa waspada dan tahu bagaimana caranya melindungi data pribadinya di akun media sosial.

Tapi tenang, seperti rilis Facebook yang diterima Vemale.com berikut beberapa tips dan trik bagi pengguna media sosial terutama Facebook agar menjadi lebih waspada di era digital saat ini, yuk simak.

1. Lakukan Pemeriksaan Keamanan secara rutin

Kamu dapat menggunakan Pemeriksaan Keamanan untuk melakukan peninjauan dan menambah keamanan akun. Pemeriksaan Keamanan akan membantu untuk:

a. Keluar dari akun Facebook kamu di browser dan aplikasi yang sudah lama tidak digunakan: Kamu dapat dengan mudah untuk log out dari perangkat yang sudah lama tidak kamu gunakan, sehingga Anda hanya akan log in Facebook di perangkat maupun browser yang telah disetujui.
b. Dapatkan notifikasi log in: Ketika mengaktifkan fitur ini, Facebook akan mengirimkan notifikasi atau peringatan melalui email, jika ada seseorang yang mencoba masuk ke akun kamu dari komputer atau perangkat yang tidak dikenal.
c. Pelajari cara melindungi kata sandi: Kekuatan kata sandi kamu lebih penting dibanding seberapa sering mengubahnya. Jangan gunakan kata sandi Facebook kamu di situs online lain dan jangan pernah membagikan kata sandi kepada siapa pun. Hindari penggunaan nama kamu atau kata-kata umum sebagai kata sandi. Kata sandi kamu harus sulit untuk ditebak.

Klik di sini untuk mengakses Pemeriksaan Keamanan Anda:
https://web.facebook.com/help/799880743466869?helpref=search&sr=1&query=security%20checkup


2. Aktifkan fitur keamanan ekstra Facebook

Autentikasi dua faktor adalah salah satu praktik terbaik industri dalam memberikan keamanan tambahan untuk akun Facebook pengguna. Fitur ini memberikan keamanan tambahan setiap kali encoba masuk ke akun Facebook menggunakan perangkat baru. Facebook akan mengirimkan notifikasi atau email dengan kode khusus untuk menyelesaikan proses masuk ke Facebook.

Baru-baru ini, Facebook telah memperbarui fitur autentikasi dua-faktor. Kini, ketika kamu mengaktifkan autentikasi dua faktor, kami akan memandu untuk menjalani proses pengaktifan, menjelaskan cara kerjanya dan menawarkan pilihan untuk mendapatkan kode masuk, baik itu melalui pesan teks maupun aplikasi autentikasi seperti Google Authenticator atau Duo Mobile untuk mendapatkan kode masuk. Kamu dapat dengan mudah mengakses autentikasi dua faktor di bagian Keamanan dan Masuk dalam Pengaturan.

3. Tinjau aplikasi apa saja yang terhubung dengan akun Facebook KamuJika kamu menggunakan pilihan “Masuk dengan Facebook” untuk menggunakan aplikasi lain, kamu harus secara berkala meninjau aplikasi yang telah terhubung dengan akun Facebook. Cara ini dapat membantu memastikan bahwa kamu hanya menghubungkan akun Facebook Anda ke aplikasi yang kamu percaya dan gunakan secara rutin.

Kamu dapat mengunjungi halaman Pengaturan Aplikasi dan Website di Facebook untuk meninjau semua aplikasi yang telah terhubung dengan akun Facebook kamu. Mungkin menemukan beberapa aplikasi yang sudah tidak kamu gunakan lagi, maka kamu dapat dengan mudah menghapus aplikasi ini sehingga mereka tidak dapat lagi mengakses akun Facebook kamu dengan mengakses halaman Pengaturan Aplikasi dan Website.

4. Cari tahu tentang Log Aktivitas kamu

Jika khawatir bahwa kamu memposting atau menyukai suatu postingan secara tidak sengaja, Log Aktivitas akan membantu menenangkan pikiran kamu. Log Aktivitas akan menampilkan semua aktivitas yang Anda lakukan, dimulai dengan aktivitas terbaru kamu.

Selain itu, Log Aktivitas juga akan menyimpan aktivitas Facebook kamu berdasarkan waktu terjadinya peristiwa. Peristiwa yang disimpan termasuk postingan yang kamu sukai, postingan yang kamu komentari, permintaan teman yang kamu terima, tempat yang Anda singgahi atau foto tentang Anda, dan lain-lain.

Namun, perlu diingat bahwa hanya kamu yang bisa melihat Log Aktivitas ini. Klik tahun tertentu yang Anda inginkan (di pojok kanan atas) untuk melompat langsung ke periode tersebut. Sebaiknya meninjau Log Aktivita secara teratur, sehingga bisa dengan cepat mendeteksi kegiatan yang tergolong mencurigakan. Kamu dapat menemukan Log Aktivitas di pojok kanan bawah foto sampul Kamu.


Bagaimana ladies? Mudah bukan? Jadi sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi dan dapat menggunakan Facebook secara aman.

(vem/asp)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading