Sukses

Lifestyle

Mengapa Hari Minggu Ditetapkan Sebagai Hari Libur? Ini Asal Mulanya!

Setiap orang mungkin menunggu hari Minggu karena ini adalah hari libur dalam satu pekan. Namun pernahkah kamu bertanya-tanya, mengapa hari Minggu menjadi hari libur dari kebanyakan hari? Dan mengapa hari libur ini juga diterapkan di banyak negara? Bagaimana asal mulanya?

Hari Minggu menjadi hari libur mayoritas negara di dunia dan ini diawali pada masa Romawi. Bangsa Romawi Kuno yang pada saat itu menguasai banyak negara di Eropa menerapkan libur pada hari Minggu. Kebiasaan ini kemudian juga diikuti oleh wilayah-wilayah kekuasaan Romawi, salah satunya adalah Belanda.

Belanda yang kemudian membawa kebiasaan itu ke Indonesia saat menjadi penjajah. Sejak saat itu, hari Minggu ditetapkan sebagai hari libur bagi para pekerja di Indonesia. Akhirnya, tradisi libur di hari Minggu terus dipertahankan dan berlaku hingga kini.

Bangsa Romawi Kuno memiliki keyakinan bahwa hari Minggu merupakan hari yang baik untuk beribadah. Itulah alasan mengapa mereka meliburkan segala aktivitas bekerja dan lainnya pada hari Minggu. Bahkan mereka memiliki kebiasaan selalu menandai hari Minggu dan hari penting lainnya dengan menggunakan warna merah.

Pada akhirnya, pengaruh ini jugalah yang dianut oleh negara Indonesia. Jadi, itu jawabannya mengapa Hari Minggu menjadi hari libur nasional Indonesia dan banyak negara, ladies.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading