Sukses

Lifestyle

Agar Perjalanan Balik Mudik Lewat Jalan Tol Lebih Aman, Ini Caranya!

Tak terasa hari ini telah sampai pada hari ke empat lebaran. Itu artinya, sudah banyak masyarakat yang hendak kembali balik dari kampung halamannya. Liburan telah usai dan saatnya untuk kembali masuk kerja. Kalau kamu, apakah kamu salah satu orang yang hendak kembali ke kota dan balik dari aktivitas mudik?

Buat yang melakukan balik mudik menggunakan kendaraan umum, pastikan untuk senantiasa membawa barang bawaan secukupnya agar tidak terlalu kerepotan. Sementara buat kamu yang melakukan aktivitas balik mudik pakai kendaraan pribadi dan lewat jalan tol, pastikan bahwa kendaraan dalam kondisi prima. Melansir dari laman Liputan6.com, pastikan juga untuk memastikan keamanan jalur arus balik aman dan tidak mengganggu perjalanan kamu.

Berikut adalah tips agar perjalanan balik mudik lewat jalan tol lebih aman.

Kendarai Kendaraan dengan Kecepatan Stabil
Pastikan bahwa kecepatan kendaraan kamu stabil selama di perjalanan apalagi saat di jalan tol. Jangan mengendarai kendaraan dengan ugal-ugalan. Jika ingin cepat, dahului kendaraan lain dengan tenang dan tanpa membahayakan kendaraan lain. Untuk mendahului kendaraan lain sebaiknya kecepatan kendaraan kamu 16 km lebih cepat dari kendaraan lainnya.

Lihat Kaca Spion Sebelum Menyalakan Lampu Sein
Ketika hendak mendahului kendaraan lain dan menyalakan lampu sein, pastikan untuk melihat spion dan mengecek keberadaan kendaraan di belakang kamu. Jika ada kendaraan di belakang yang lebih cepat, tahan dulu keinginan untuk mendahului kendaraan di depanmu dan dahulukan kendaraan di belakang kamu.

Kembali ke Jalur Asal Jika Melihat Kedipan Lampu
Kendaraan lain yang mengedipkan lampu artinya adalah ia memberi tanda bahwa ia akan mendahului kamu. Jadi, sebaiknya kamu segera kembali ke jalur asal dan memberi ruang kendaraan lain tersebut untuk mendahuluimu.

Beri Tanda Jika Kamu Ingin Mendahului Kendaraan Lainnya
Jika kamu telah memastikan tidak ada mobil lain yang akan mendahului dan kamu punya celah buat mendahului, beri tanda pada pengemudi lain. Tanda tersebut bisa berupa klakson atau mengedipkan lampu serta menyalakan lampu sein.

Istirahat Bila Lelah
Pastikan untuk segera istirahat atau meminggirkan kendaraan jika kamu merasa lelah dan mengantuk. Berkendara saat lelah dan mengantuk sangat berbahaya buat keamanan serta kenyamanan kamu maupun kendaraan lainnya.

Selalu Waspada dan Konsentrasi
Jangan mengendarai sambil melamun. Usahakan agar stamina fit dan kosentrasi baik. Berkendara dengan konsentrasi buruk sangatlah berbahaya.

Itulah beberapa cara agar kamu lebih aman berkendara di momen balik mudik lewat jalan tol. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menyambut aktivitas seperti biasanya.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading