Sukses

Lifestyle

Jangan Sampai Salah Hitung, Ini Tarif Lengkap Tol Trans Jawa untuk Mudik

Berita gembira buat kamu yang memutuskan untuk melakukan perjalanan mudik dan balik Lebaran dengan menggunakan kendaraan pribadi. Tahun ini, pemerintah memutuskan untuk membuka beberapa jalan tol secara gratis atau fungsional. Diharapkan hal ini dapat menjamin kelancaran lalu lintas bagi para pemudik seperti kamu, Ladies.

Selain gratis, ada 760 kilometer jalan tol berbayar yang membentang dari Merak hingga Pasuruan. Siapkan saldo uang elektronik untuk membayar tarif jalan tol yang dilalui. Jangan sampai salah hitung dengan menyimal informasi selengkapnya berikut ini.

Tarif Tol Operasional

Berdasar data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), tarif tol operasional yang harus dibayar untuk rute Jakarta-Surabaya pada tahun 2018 ini bisa mencapai Rp344 ribu. Tapi jika mudik pada tanggal 13 dan 14 Juni mendatang, ada diskon tarif tol sebesar 10 persen di beberapa ruas tol. Untuk rute lainnya seperti Jakarta-Bandung (Cileunyi), biaya yang dikeluarkan sebesar Rp 61.500, sedangkan Jakarta – Semarang sebesar Rp173 ribu, dan Semarang-Surabaya sebesar Rp171 ribu.

Gratis Saat Macet Lebih dari 3 Kilometer

Ada aturan unik yang diterapkan oleh pemerintah lewat Korlantas selama mudik Lebaran tahun 2018. Jika terjadi kemacetan mengular di pintu tol hingga 5 kilometer, maka diputuskan untuk menggratiskan tol hingga kemacetan terurai. Keputusan ini diambil dengan mempertimbangkan segi kemanusiaan agar tidak sampai terulang kejadian macet parah di jalur tol Brebes saat mudik Lebaran 2016.

Didukung Fasilitas Pendukung

Bagi pemudik yang menempuh jalur darat tidak perlu khawatir akan kenyamanan selama perjalanan. Selain dibukanya beberapa tol fungsional, ruas-ruas tol juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung. PT jasa Marga telah menyediakan 68 rest area atau Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP), tempat Istirahat, parking bay (PB), dan Tempat istirahat Sementara (TIS) yang tersebar dari Jakarta hingga Surabaya.

Kini tidak perlu bingung mencari tempat beristirahat yang sudah memiliki fasilitas toilet, karena telah dilakukan penambahan khususnya toilet perempuan sejumlah 77 unit. Sedangkan di rest area yang berada di jalan tol fungsional, Jasa Marga telah menempatkan 316 unit toilet portable. Serunya lagi, seluruh fasilitas toilet ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Diterapkan Sistem Zoning

Agar arus kendaraan dalam rest area tidak menumpuk, akan dibuat sistem zoning berupa jalur khusus bagi kendaraan yang ingin mengisi bensin, menuju toilet, atau tempat makan. Untuk menampung mobil-mobil dengan baik, Jasa Marga berkomitmen untuk mengoptimalkan kapasitas parkir dengan tidak memberi kesempatan para pedagang berjualan di area parkir.

Selain mempersiapkan uang elektronik untuk mambayar biaya tol, diharapkan pemudik juga membawa bekal makan yang cukup selama perjalanan. Selamat mudik ya!

(vem/aik)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading