1. VEMALE
  2. /
  3. RAGAM

Tips Aman dan Nyaman Mudik Pertama Kalinya Via Tol Trans Jawa

Rabu, 13 Juni 2018 12:00 Penulis: aik
Mudik lewat Tol Trans Jawa yuk! (c) shutterstock

Vemale.com - Ladies yang berasal dari Surabaya dan area sekitarnya, Lebaran kali ini bisa menjadi berkah tersendiri. Dari Jakarta, kamu yang ingin mudik ke kampung halaman bisa memanfaatkan tol Trans Jawa yang sebagian besar sudah beroperasi. Menggunakan kendaraan pribadi, perjalanan Jakarta-Surabaya akan melewati 17 ruas tol dan mengeluarkan biasa sekitar Rp350 ribuan. Waktu tempuh pun jauh lebih singkat, kurang lebih sekitar 8 jam apabila jalan lancar. Menarik ya?

Agar tetap merasa aman dan nyaman selama perjalanan mudik Jakarta-Surabaya, ikuti beberapa tips berikut ini.

Pastikan Saldo Uang Elektronik Terisi

Untuk mudik-balik Jakarta-Surabaya, pengguna jalan tol Trans Jawa hanya melakukan 6 kali pembayaran, hanya dengan menempelkan uang elektronik. Walau hanya butuh kurang lebih Rp700 ribuan, ada baiknya mengisi saldonya dengan jumlah maksimal Rp1 juta untuk berjaga-jaga.

Pastikan Kondisi Pengemudi Sehat

Peningkatan jumlah pemudik yang ingin menjajal tol Trans Jawa membuat kondisi jalan cukup padat. Oleh karena itu, pastikan kondisi pengemudi dalam keadaan sehat fisik dan mental. Tubuh yang fit akan menjaga konsentrasi selama mengemudikan kendaraan. Selain itu, hindari faktor-faktor yang membuat pengemudi mengalami stres akibat kondisi jalan yang belum 100 persen rampung atau jalanan yang padat.

Selain cukup tidur dan mengonsumsi makanan bergizi, siapkan hiburan dan usulkan untuk beristirahat sejenak jika merasa mulai kelelahan. Tidak ada salahnya juga menggantikan pengemudi agar tidak cepat lelah dan kehilangkan fokus saat berkendara.

Penuhi BBM Mobil

Selain memastikan mobil dalam keadaan prima, jangan lupa untuk mengisi bahan bakar minyak atau bensin hingga penuh. Jangan menunggu sampai bensin kering karena rawan memicu kerusakan pada mesin mobil. Hal ini juga mencegah mobil mogok dan membuat perjalanan mudik terkendala.

Jangan Melebihi Kapasitas Mobil

Seringkali kita melihat mobil yang penuh dengan penumpang, masih diisi dengan berbagai barang yang diikat di atap mobil. Hal ini sebenarnya sangat membahayakan, karena mobil yang melebihi kapasitas maksimalnya membuat kondisi rem tidak bekerja maksimal, apalagi jika bergerak dalam kecepatan tinggi. oleh karena itu, perhatikan barang bawaan dan jumlah penumpang yang mengisi kendaraan pribadimu.

Jaga Kecepatan

Walau kondisi jalan tidak terlalu ramai, hindari memacu kendaraan hingga melewati batas kecepatan. Apalagi tidak sedikit pengemudi yang bisa mengantisipasi munculnya crosswind dari arah samping kendaraan.  kibatnya, tidak hanya membahayakan diri sendiri dan penumpang dalam mobil, tapi juga pengendara lainnya akibat mobil yang tiba-tiba oleng dan memicu kecelakaan.

Bawa Bekal Makan dan Minum yang Cukup

Walau sudah disediakan rest area dalam jumlah yang mumpuni, tidak menutup kemungkinan terjadi kemacetan atau kecelakaan yang bikin perjalananmu tertunda. Agar tidak kelaparan atau kehausan, siapkan bekal makanan dan minuman yang praktis dikonsumsi di dalam kendaraan, seperti roti, biskuit, dan air minum dalam kemasan.

Selalu waspada dan berhati-hati saat menempuh perjalanan mudik dengan menggunakan tol Trans Jawa, supaya dapat berkumpul dengan keluarga di kampung halaman ya Ladies!

(vem/aik)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Travel
Tak Ada Lagi Foto Mendiang Suzzanna di Rumah, Ini Alasan Clift Sangra