Sukses

Lifestyle

Mengapa Makan Sahur Sangat Disukai Rasulullah SAW? Ternyata Ini Berkahnya!

Puasa Ramadan tinggal menghitung hari, namun masih banyak berkah Ramadan yang bisa kamu dapat menjelang lebaran ini, yaitu dengan lebih rajin bangun tidur untuk menjalankan sahur bersama keluarga. Mengapa waktu sahur menjadi sangat penting untuk dilakukan? Karena ternyata Rasulullah SAW mengagungkan waktu tersebut lho.

Seperti diriwayatkan Al-Bukhaari Muslim bahwa sungguh sayang apabila dengan sengaja muslim melewatkan sahur, karena di balik kegiatan makan di seperempat malam tersebut memiliki berkah yang luar biasa besar.

Nabi Muhammad SAW sendiri selalu menganjurkan umatnya untuk tidak meninggalkan sahur, karena Rasulullah tahu besarnya berkah yang akan didapat ketika menjalankan sunnah ini. Dilansir dari Islam QA Info pada Jumat (8 Juni 2018), hadist ini menunjukkan bahwa orang yang berpuasa diperintahkan makan sahur, karena menyimpan beribu-ribu kebaikan, yaitu sebagai berikut.

  1. Memberi kekuatan orang yang berpuasa untuk beribadah dan mematuhi perintah Allah SWT di waktu siang, seperti berdoa, berdizikir, dan tadarus.
  2. Menyingkirkan perilaku buruk yang mungkin dipicu dari rasa lapar seperti misalnya perubahan suasana hati. Orang yang makan sahur selalu berada pada suasana hati yang baik karena perutnya kenyang.
  3. Sahur adalah ibadah. Pahalanya besar dan jika niatnya baik dan agar kuat menjalankan puasa dan beribadah, akan semakin berkah.
  4. Kesempatan salat tahajud yang memiliki keutamaan tersendiri, yaitu berdoa pada Allah swt dan berkesempatan besar dikabulkan.
  5. Rutin menjalankan salat subuh. Karena bangun hingga waktunya adzan Subuh, kamu berkesempatan tidak melewatkan salat wajib ini.

Jadi, jangan abaikan keutamaan bangun tengah malam untuk makan sahur ya ladies, karena Rasullulah sendiri saja menyukainya.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading