Sukses

Lifestyle

Tips Rumah Tetap Aman Saat Ditinggal Mudik dalam Waktu Lama

Lebaran tinggal menghitung hari. Libur lebaran pun sudah dimulai. Bagaimana dengan kamu nih ladies, sudah mempersiapkan diri untuk mudik? Sudah mempersiapkan diri untuk berkunjung ke rumah sanak saudara yang rumahnya di luar kota dan memaksa rumah kamu harus kosong untuk sementara waktu selama mudik? Atau, jangan-jangan kamu dan keluarga sudah dalam perjalanan mudik nih?

Bicara mengenai mudik dan meninggalkan rumah dalam waktu lama, pastikan untuk selalu menjaga keamanan rumah. Berikut tips agar rumah tetap aman saat ditinggal mudik dalam waktu lama.

Kunci Pintu dan Jendela
Pastikan untuk mengunci pintu dan jendela dengan baik. Cek kembali pintu dan jendela rumah, pastikan bahwa semuanya sudah terkunci rapat. Tak hanya sekedar dikunci, bila perlu kamu juga bisa menambahkan gembok di pintu serta jendela.

Cabut Aliran Gas dan Listrik
Untuk menghindari kebakaran selama mudik, cabut aliran gas dan listrik di rumah. Cabut aliran listrik pada alat elektronik seperti TV, lemari es, AC, dispenser, radio dan sejenisnya. Mencabut aliran listrik ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya konseleting dan kebakaran.

Nyalakan Lampu Teras dan Lampu yang Diperlukan
Selama mudik, nyalakan lampu teras dan lampu di ruangan yang memang diperlukan. Kamu tidak perlu menyalakan semua lampu. Untuk lampu teras penting dinyalakan agar kondisi rumah tetap aman dan bisa dipantau tetangga yang dipercaya agar tetap aman.

Kosongkan Bak Air
Kosong bak air atau tempat-tempat penampungan air selama mudik. Kalau tidak ingin mengosongkannya, kamu bisa menutup rapat tempat penampungan air. Ini dilakukan agar tempat penampungan air tidak menjadi tempat bertelur nyamuk.

Bersihkan & Rapikan Rumah
Sebelum ditinggal mudik, pastikan untuk membersihkan dan merapikan rumah. Jangan sampai rumah dalam kondisi kotor saat ditinggal. Rumah yang kotor akan menyebabkan banyaknya kecoa dan tikus berkeliaran di rumah.

Simpan Barang Berharga di Tempat Aman
Simpan barang-barang berharga seperti uang dan emas di tempat yang aman. Bila perlu, bawa barang berharga ini jika jumlahnya tidak terlalu banyak. Kalau pun disimpan di rumah, simpan di tempat di mana orang lain tak akan tahu barang-barang berharga milik kamu. Simpan juga surat-surat berharga di tempat paling aman.

Titipkan Rumah pada Tetangga atau Orang yang Dipercaya
Jangan sungkan untuk menitipkan keamanan rumah kepada tetangga atau orang yang dipercaya. Kamu juga bisa menitipkan rumah kepada satpam di komplek perumahan kamu.

Ladies, itulah tips rumah tetap aman saat ditinggal mudik dalam waktu lama. Semoga tips ini bermanfaat. Selamat mudik, selamat menyambut Lebaran 2018.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading