Sukses

Lifestyle

Memiliki Aturan Aneh, 5 Pajak Ini Paling Unik dan Tak Masuk Akal di Dunia

Sebagai negara yang dijalankan oleh banyak orang, pajak memang sudah menjadi kewajiban setiap warga negara. Pajak sendiri nantinya juga akan digunakan dan kembali kepada masyarakat.

Namun ternyata ada juga pajak untuk hal-hal aneh yang justru terkesan tidak masuk akal. Seperti dikutip dari laman Listverse.com, Kamis (7/6/2018), ini 5 pajak paling aneh bin ajaib yang pernah ditetapkan di dunia.

1. Pajak Media Sosial, Uganda
Pemerintah Uganda menetapkan pengguna aplikasi seperti Whatsapp, Facebook, Twitter dan lainnya untuk membayar 200 shilling per hari atau setara dengan Rp 27.548 mulai 1 Juni 2018 ini. Presiden Uganda, Yoweri Museveni, mengatakan bahwa pajak ini diberlakukan untuk melawan gosip dan berita hoax di media sosial. Tentu saja hal ini mendapat tanggapan negatif dari masyarakat dan menyebut pemerintah telah melanggar kebebasan berekspresi.

2. Pajak Pelihara Anjing, Swiss
Di Swiss, kamu harus membayar pajak jika ingin memelihara anjing. Ukuran anjing menjadi ukuran berapa banyak harus membayar pajak. Aturan ini bertujuan memastikan warga patuh pada aturan yang kemungkinan membahayakan warga sekitar. Bahkan pemerintah menyiapkan anjing buas untuk menyerang anjing yang tidak dibayarkan pajaknya.

Pajak aneh di dunia/copyright Shutterstock.com

3. Pajak Bernapas, Venezuela
Terkejut? Sebenarnya ini tidak berlaku umum. Pemerintah Venezuela menetapkan pajak ini pada mereka yang baru saja keluar dari bandara internasional Maiquetia di Caracas sebagai tujuan biaya perawatan mesin penyaring udara yang dipasang di bandara tersebut. Kementerian Air dan Transportasi Udara mengaku penyaring udara di sana bisa menghilangkan bau, menghambat tumbuhnya bakteri dan bisa melindungi kesehatan semua penumpang.

4. Pajak Agama, Jerman
Pemeluk agama Katolik dan Protestan di Jerman ternyata diminta membayar pajak penghasilan mereka untuk mendanai gereja mereka sendiri. Pada akhirnya gereja di sana punya pendapatan besar dari warga, apalagi sekitar 24,7 juta warga Jerman beragama Katolik dan 24,3 juta penganut Protestan. Kalaupun ingin lepas dari pajak ini, satu-satunya cara adalah keluar secara resmi dari gereja. Namun haknya juga dicabut, yaitu hak atas pemakaman.

5. Pajak Televisi dan Radio, Jerman
Lagi-lagi di Jerman, pemerintah tahun 1970-an dulu menetapkan pajak bagi pemilik radio dan televisi. Jumlahnya sekitar US$ 20 per bulan atau setara dengan Rp 277 ribu yang kemudian dana ini digunakan untuk membiayai televisi dan jaringan radio milik negara. Sayangnya, pajak ini nyatanya juga berlaku pada warga yang tak memiliki tv dan radio.

Wah, ternyata itu dia sekian pajak aneh bin ajaib yang pernah ada di dunia. Kira-kira Indonesia punya aturan pajak yang aneh nggak ya ladies?

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading