Sukses

Lifestyle

5 Amalan Malam Lailatul Qadar untuk Meraih Kemuliaannya

Sepertiga terakhir bulan Ramadan adalah waktu yang istimewa untuk mendapatkan malam lailatul qadar. Agar bisa mendapat kemuliaan malam seribu bulan ini ada sejumlah amalan yang bisa kita lakukan. Dengan menghidupkan malam-malam terakhir bulan Ramadan ini melalui berbagai amalan, peluang kita mendapatkan malam yang lebih baik daripada seribu bulan akan lebih besar.

Lalu amalan apa saja yang bisa dilakukan untuk mendapat malam lailatul qadar? Berikut sejumlah amalan yang bisa kita lakukan dan perbanyak untuk memperoleh kemuliaan malam lailatul qadar.

1. Melakukan iktikaf
Iktikaf adalah berhenti (berdiam) di dalam masjid dengan syarat-syarat tertentu dengan niat semata-mata beribadah hanya untuk Allah SWT. Iktikaf adalah momen untuk lebih mendekatkan diri pada Allah SWT dengan melakukan serangkaian ibadah. Ada beberapa syarat untuk sahnya iktikaf, antara lain beragam Islam, sudah baligh, dilaksanakan di masjid (baik masjid jami' maupun masjid biasa), dan memiliki niat iktikaf.

2. Memperbanyak doa
Perbanyak doa di malam-malam sepertiga terakhir bulan Ramadan untuk meningkatkan peluang meraih kemuliaan malam lailatul qadar. Rasulullah SAW memerintah Ummul Mukminin Aisyah untuk berdoa di malam-malam itu. Aisyah berkata, “Wahai Rasulullah, apa pendapatmu jika aku ketepatan mendapatkan malam lailatul Qodar, apa yang harus aku ucapkan?”, beliau menjawab: “Ucapkanlah; ALLAHUMMA INNAKA ‘AFUWWUN TUHIBBUL ‘AFWA FA’FU ANNA” (Ya Allah, sesungguhnya Engkau maha pemaaf mencintai kemaafan, maka maafkanlah aku).” (HR. Ibnu Majah, yang dishahihkan oleh Al Albani)



3. Membaca Al Qur'an
Dengan niat beribadah hanya pada Allah SWT, membaca Al Qur'an bisa mendatangkan pahala yang berlipat ganda di malam-malam sepertiga terakhir bulan Ramadan. Apalagi bila disertai dengan meresapi arti dan makna dari setiap ayat yang dibaca, kita bisa lebih khusyuk lagi dalam menunaikan amalan ini.

4. Menunaikan salat malam
Setelah salat tarawih dan tadarusan, kita bisa tidur terlebih dahulu. Lalu saat tengah malam atau menjelang sahur kita bangun untuk menunaikan salat malam. Dengan menunaikan ibadah salat malam ini, maka peluang untuk mendapat malam lailatul qadar juga akan meningkat. Fokuskan ibadah untuk mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa.

5. Perbanyak taubat
Manusia tak pernah luput dari yang namanya salah dan dosa. Mumpung masih ada waktu di sepertiga terakhir Ramadan, isi malam-malamnya dengan memperbanyak taubat dan permohonan ampun. Kalau bertepatan dengan malam lailatul qadar, berkahnya akan sangat luar biasa.

Selama masih ada waktu dan kesempatan, kita manfaatkan setiap waktu yang tersisa di bulan Ramadan ini dengan berbagai ibadah dan amalan ya ladies. Semoga kita bisa mendapatkan malam lailatul qadar di Ramadan kali ini.




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading