Sukses

Lifestyle

Wanita Haid Berkesempatan Raih Kemuliaan Lailatul Qadar dengan 5 Amalan Ini

dalam 10 hari terakhir bulan Ramadan ada yang namanya lailatul qadar. Lailatul qadar adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadan, yang dalam Al Qur'an digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Malam ini adalah malam yang sangat istimewa dan dimuliakan oleh Allah SWT bagi hamba-Nya. Di sepertiga bulan terakhir Ramadan ini, ibadah akan lebih ditingkatkan lagi untuk meraih kemuliaan lailatul qadar. Tapi bagaimana dengan wanita yang haid? Apakah wanita haid bisa meraih kemuliaan lailatul qadar?

Saat sedang haid, kita memang tidak bisa puasa atau salat. Meski begitu, ada banyak amalan dan ibadah yang bisa kita lakukan. Bahkan kita masih punya kesempatan untuk mendapat kemuliaan lailatul qadar. Wanita haid masih bisa mendapat banyak pahala dengan melakukan berbagai amalan.

Seperti yang dikutip dari konsultasisyariah.com, ustaz Ammi Nur Baits menyebutkan lima amalan yang bisa dilakukan wanita haid untuk mendapatkan lailatul qadar. Apa sajakah amalan yang dimaksud? Berikut keterangannya.

1. Membaca Al Qur'an tanpa menyentuh mushaf.
Wanita haid masih bisa mendengarkan murattal Al Qur'an dan melantunkannya kembali. Bisa pula dengan membaca ayat-ayat Al Qur'an atau surat-surat yang dihafal. Selama niatnya untuk beribadah, maka peluang untuk mendapat pahala akan sangat besar.

2. Memperbanyak zikir.
Berzikir masih bisa dilakukan oleh wanita yang sedang haid. Meski tidak bisa salat, zikir tetap bisa dilantunkan. Perbanyaklah bacaan tasbih (subhanallah), tahlil (la ilaha illallah), tahmid (alhamdulillah), dan zikir lainnya.

3. Memperbanyak istighfar.
Ada banyak manfaat yang bisa kita dapat dari memperbanyak zikir, antara lain membersihkan penyakit hati, mempercepat terkabulnya doa, membuka pintu rezeki, dan juga menghapus dosa-dosa. Memperbanyak istighfar bisa jadi amalan yang mudah dilakukan oleh wanita haid. Jadi manfaatkan setiap waktunya dengan banyak zikir dan istighfar, ya.

4. Memperbanyak doa-doa.
Berdoa juga bisa jadi amalan wanita haid untuk meraih kemuliaan lailatul qadar. Kita pun bisa mendapat pahala dari memanjatkan doa-doa.

5. Memperbanyak doa malam lailatul qadar


Sebagaimana yang disebutkan dalam riwayat dari Aisyah radhiallahu ‘anha, “Aku bertanya, ‘Wahai Rasulullah, jika aku menjumpai satu malam yang itu merupakan lailatul qadar, apa yang aku ucapkan?’ Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Ucapkanlah, ‘اللَّـهُـمَّ إنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُـحِبُّ العَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي’ (Ya Allah, sesungguhnya Engkau Dzat yang Maha Pemaaf dan Pemurah maka maafkanlah diriku.)'” (Hadis sahih; diriwayatkan At-Turmudzi dan Ibnu majah).

Tak perlu berkecil hati bila kamu haid di sepertiga terakhir bulan Ramadan ya ladies. Selalu ada kesempatan untuk meraih kemuliaan lailatul qadar dengan berbagai bentuk amalan dan ibadah lainnya. Tetap semangat meraih kemuliaan bulan suci Ramadan.




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading